EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH HUSNUZZHAN TERHADAP BODY IMAGE PADA MAHASISWI FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA UIN ANTASARI BANJARMASIN

Jannah, Raudatul (2022) PENGARUH HUSNUZZHAN TERHADAP BODY IMAGE PADA MAHASISWI FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA UIN ANTASARI BANJARMASIN. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (590kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (975kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (513kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Mahasiswi saat ini sedang mengalami masa transisi dari masa remaja menuju remaja akhir. Menurut Santrock ditandai pada usia 18 hingga 22 tahun, pada masa ini banyak sekali terjadi perubahan yang berlangsung secara cepat. Ditandai dengan perubahan secara emosional lebih sensitif, kognitif berpikir lebih kompleks. Bebeirapa peinelitian yanig pernah dilakuikian meinyataikan bahwia wainitia cenderung leibih neigatif memanidang boidy imaige dibandingkain dengan piria. Piria cenderung inigin bertiubuh beisar, sedang wanita inigin memiliki tubuh yang langsing berdasarkan pada standar tubuh ideal yang ada di lingkungan sosialnya. Body image itu sendiri merupakan imajinasi subyektif yang ada pada seseorang mengenai tubuhnya, berkaitan dengan pandangan orang lain, juga seberapa pantas keadaan tubuh yang dimilikinya disesuaikan dengan penilaian orang lain. Husnuzzhan sebagai salah satu bagian dari mahabbah (mencintai Allah), maka akan mampu mengantar orang yang bersifat baik sangka atau berpikir positif dalam mencapai kebahagiaan, mendapatkan kelebihan, serta derajat yang tinggi. Sedangkan individu yang ada di dalam hati serta pikirannya dibarengi dengan perasaan baik sangka atau berpikiran positif terhadap segala sesuatu maupun kondisi yang telah terjadi, maka individu tersebut akan dapat menerima keadaan dirinya. Hal ini membuat peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh husnuzzhan terhadap body image pada mahasiswi fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan lapangan (field reseach). Populasi dalam penelitian adalah mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 128 (N=128). Pengumpulan data menggunakan skala Likert, teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan alat bantu komputer program Statistical Packages for Sosial Sciense (SPSS) Release 25.0 for windows. Hasil Analisis data didapatkan adanya pengaruh antara variabel husnuzzhan terhadap variabel body image dengan nilai koefisien sebesar 0,850 artinya terdapat pengaruh yang positif antara variabel husnuzzhan dengan body image. Ini dapat dimaknai bahwa semakin tinggi husnuzzhan, maka semakin tinggi pula body image. Sumbangan efektif aspek husnuzzhan terhadap variabel body image yang didapatkan dalam penelitian ini ialah 47,8%.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 03 Aug 2022 00:12
Last Modified: 03 Aug 2022 00:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20046

Actions (login required)

View Item View Item