EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UPAYA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNADAKSA DI SLB NEGERI 3 BANJARMASIN

Ramadhanty, Nisatil Husna (2022) UPAYA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNADAKSA DI SLB NEGERI 3 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (735kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Motivasi merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa, Kenyataannya motivasi setiap orang dalam belajar berbeda. Seperti halnya motivasi belajar yang terjadi pada siswa tunadaksa yang pada dasarnya memiliki motivasi yang rendah. Keterbatasan siswa tunadaksa seringkali menyebabkan perasaan rendah diri, putus asa, merasa tidak dihargai. hingga diperlukan upaya dari pihak yang memiliki peran penting untuk memberikan motivasi terhadap siswa tunadaksa seperti dari guru kelas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motivasi belajar siswa tunadaksa di SLB Negeri 3 Banjarmasin dan upaya guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tunadaksa di SLB Negeri 3 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang akan dilakukan dengan cara menggali langsung permasalahan yang akan di teliti di SLB Negeri 3 Banjarmasin untuk mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai upaya guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar anak tunadaksa di SLB Negeri 3 Banjarmasin. Adapun pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang sering juga dinamakan dengan metode naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi alamiah (natural setting). Objek dalam penelitian ini adalah upaya guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tunadaksa di SLB Negeri 3 Banjarmasin sedangkan subjek penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 3 siswa tunadaksa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Motivasi belajar siswa tunadaksa di SLB Negeri 3 Banjarmasin tergolong baik, terlihat dari memiliki dorongan dalam belajar, adanya keinginan dan semangat yang tinggi, tekun dalam menghadapi tugas serta tidak cepat puas dalam belajar. (2) Upaya guru kelas meningkatkan motivasi dengan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan pujian positif, memberikan motivasi terus menerus kepada siswa, adanya koordinasi yang baik antara guru kelas dan orangtua siswa, melakukan observasi awal, metode belajar yang bervariasi, memahami kondisi fisik siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:15
Last Modified: 04 Aug 2022 03:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20087

Actions (login required)

View Item View Item