EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

TANGGUNG JAWAB IBU SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER PERTAMA PADA ANAK DI DESA BATU MERANTI KECAMATAN SUNGAI LOBAN

Nafiah, Siti (2022) TANGGUNG JAWAB IBU SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER PERTAMA PADA ANAK DI DESA BATU MERANTI KECAMATAN SUNGAI LOBAN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Ibu adalah orang yang pertama dan paling utama dalam proses pembentukan karakter pada anak, ibu adalah orang yang lebih sering bersama dengan anak. Ibu bertanggung jawab dalam proses pembentukan karakter pada anak-anaknya. Pembentukan karakter yang baik dari seorang ibu sangat penting, karena dari ibulah awal sifat dan kepribadian anak akan terbentuk. Kemudian masih adanya anak-anak yang bertingkah laku tidak baik, mengucapkan kata-kata yang tidak pantas untuk diucapkan menjadi pertanyaan apakah seorang ibu sudah melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pembentuk karakter pertama pada anak dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai tanggung jawab ibu sebagai pembentuk karakter pertama pada anak di Desa Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban, dan untuk mengetahui metode apa yang digunakan oleh ibu di Desa Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban dalam membentuk karakter anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskripsit kualitatif yang dimaksudkan untuk memahami tanggung jawab ibu sebagai pembentuk karakter pertama pada anak di Desa Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban dengan cara mendeskripsikan melalui kata-kata. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, didapatlah hasil bahwa ikatan batin antara ibu dan anak sangat kuat sehingga anak akan merasa paling dekat dengan ibunya, apapun yang dilakukan oleh ibu maka anak akan mengikutinya, oleh karena itu sebagai seorang ibu harus selalu berusaha dengan berbagai cara untuk dapat menjealankan tanggung jawabnya dalam membentuk karakter anak dengan baik. Diantara karakter yang telah ditanamkan oleh para ibu di Desa Batu Meranti kepada diri anak yakni karakter cinta Tuhan, karakter santun, karakter bertanggung jawab, karakter cinta damai, karakter tolong menolong, karakter baik dan rendah hati. Selain itu para ibu di Desa Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban juga menanamkan hal yang positif dan berguna bagi pembentukan karakter anak, seperti mengajarkan anak mengenai ilmu agama islam yakni membiasakan anak untuk mejalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:38
Last Modified: 05 Aug 2022 06:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20126

Actions (login required)

View Item View Item