EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEB FISIKA “ANSWER OR SURRENDER” PADA MATERIUSAHA DAN ENERGI

Jaya, Dewa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEB FISIKA “ANSWER OR SURRENDER” PADA MATERIUSAHA DAN ENERGI. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (897kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (806kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Media pembelajaran web di masa Covid-19 sangat dibutuhkan dalam menunjang pembelajaran daring, berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada siswa diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran fisika kurang variatif, khususnya media pembelajaran berbasis website. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran web fisika “answer or surrender” pada materi usaha dan energi”. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mengembangkan media pembelajaran web fisika “answer or surrender”. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran web fisika “answer or surrender”. (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran web fisika “answer or surrender”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari (Analyze) menganalisis, (Design) desain, (Development) mengembangkan, (Implementation) implementasi dan evaluasi (Evaluation). Penelitian ini berlokasi di SMAN 1 Rantau Badauh Pada semester genap. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli, guru dan peserta didik kelas X IPA 2 SMAN 1 Rantau Badauh, dengan instrumen penelitian berupa observasi, pedoman wawancara dan angket (validasi dan respon peserta didik). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa produk media pembelajaran web fisika “Answer or surrender” yang dikembangkan menggunakan aplikasi visual code studio dengan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran web fisika “Answer or Surrender” yaitu meliputi tahap Analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap Pengembangan (Development), tahap implementasi (Implemantation), dan tahap evaluasi, adapun Validasi materi mendapatkan persentase sebesar 88% (sangat valid) dan validasi media mendapat nilai 87% (sangat valid), dan respon siswa terhadap media pembelajaran web fisika “answer or surrender” pada materi usaha dan energi mendapatkan persentase keidealan sebesar 89%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran web fisika “answer or surrender” pada materi usaha dan energi sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:20
Last Modified: 12 Aug 2022 06:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20287

Actions (login required)

View Item View Item