EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERILAKU KEBERAGAMAN DAN PENDIDIKAN AGAMA PELAJAR MUSLIM ORANG MERATUS DI KECAMATAN PARAMASAN KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN (Studi Kasus di SMPN 1 Paramasan dan SMAN 1 Paramasan)

Fadhilah, Ahmad Syarif (2021) PERILAKU KEBERAGAMAN DAN PENDIDIKAN AGAMA PELAJAR MUSLIM ORANG MERATUS DI KECAMATAN PARAMASAN KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN (Studi Kasus di SMPN 1 Paramasan dan SMAN 1 Paramasan). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (384kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Kecamatan Paramasan yang wilayahnya masuk dalam kawasan pegunungan meratus merupakan masyarakat multi agama yang mayoritas agamanya adalah Kaharingan, kemudian sisanya adalah beragama Islam, dan Kristen. Atas hal tersebut, bagaimana perilaku keberagamaan para siswa dan siswi yang beragama Islam di kecamatan paramasan tersebut apabila dikaitkan dengan lingkungan yang pluralis atau multi agama. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Siswa-siswi SMP Negeri 1 Paramasan dan SMA Negeri 1 Paramasan yang beragama Islam di kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan sebenarnya rata-rata mereka melaksanakan sholat akan tetapi belum secara penuh lima waktu dalam prakteknya, juga untuk penghayatan serta penerapan nilai-nilai luhur ajaran agama yang dianut pada kehidupan sehari-hari, mereka masih kurang menguasai dan patuh dalam menjalankan aturan serta kewajiban agamanya. Sebagian dari mereka masih merasa malas untuk mengerjakan kewajiban yaitu beribadah dalam kehidupan sehari-hari seperti shalat,puasa, membaca al-qur’an dan lain-lain. Sebenarnya sangat amat disayangkan ketika pelajar muslim tersebut mengetahui mengenai ganjaran apabila mengerjakan dan meninggalkannya, akan tetapi mereka belum mempunyai kesadaran dalam menjalankan perilaku keberagamaan tersebut baik yang bersifat spiritual maupun sosial. Hal tersebut disebabkan masih rendahnya mutu dan kualitas anak didik pada lembaga pendidikan, kurangnya tingkat partipasi orang tua dan rendahnya pendidikan sebagian orang tua terutama pada pendidikan agama sehingga sulit untuk mengembangkan pendidikan agama pada anak-anak mereka. Dalam motivasi mengikuti aktifitas keagamaan, mereka juga tidak rutin mengikuti kegiatan tersebut, padahal di lingkungan mereka sudah mulai diadakan pengajian secara rutin. Dalam penerapan nilai-nilai keagamaan, orang tua memegang peranan penting dalam penerapannya Kondisi orang tua yang memiliki pengetahuan dan pemahaman agama yang kurang baik dapat menyulitkan penerapan nilai-nilai kegamaan secara maksimal, apalagi lingkungan sosial masyarakat yang minoritas muslim dapat mendorong terjadinya pergeseran sosial religius atau nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Aug 2022 00:53
Last Modified: 16 Aug 2022 00:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20330

Actions (login required)

View Item View Item