EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PRAKTIK JASA SCAN EDIT DOKUMEN (STUDI KASUS DI KELURAHAN BERANGAS KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN)

Rahman, Mulia (2022) PRAKTIK JASA SCAN EDIT DOKUMEN (STUDI KASUS DI KELURAHAN BERANGAS KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (771kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Praktik jasa scan edit dokumen terjadi khususnya karya ilmiah seperti makalah, skripsi dan tugas sekolah. Masyarakat di Kelurahan Berangas dengan berbagai macam tidak mempunyai perangkat yang berupa komputer dan laptop ataupun terbatasnya alat pengerjaaan untuk membuat karya ilmiah sendiri. Oleh karena itu menggunakan layanan jasa scan edit seperti ini dengan tarif di hitung perlembarnya sesuai kesepakatan antara dua belah pihak. Jasa scan edit seperti ini menimbulkan masalah karena bertentangan dengan tujuan manfaat objek akad, karena praktik jasa scan edit dokumen membuat karya ilmiah seperti itu manfaat akad Ijarah ditujukan untuk melanggar ketentuan akademik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jasa scan edit dokumen serta faktor penyebab terjadinya praktik jasa scan edit dokumen di Kelurahan Berangas, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Metode penelitian yang penulis terapkan adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif melalui pendekatan empiris. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara. Kemudian data yang telah didapat tersebut diolah melalui proses pengecekan kembali, klasifikasi, verifikasi dan hingga akhirnya data tersebut dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwa akad sudah memenuhi rukun Ijarah, akan tetapi ada beberapa syarat sahnya yang digunakan dalam hal menyetujui perbuatan curang, yakni pemanfaatan objek akad ditujukan untuk melanggar ketentuan akademik berupa penipuan yang merupakan mafsadah. Sehingga hukum Islam dalam praktik jasa scan edit dokumen tidak dibenarkan untuk keabsahan dalam suatu transaksi, sebagaimana dalam Al-Qur-an yaitu janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil. Adapun faktor penyebab terjadinya praktik jasa scan edit dokumen ialah pertama, faktor kepribadian yaitu sikap malas oleh pengguna jasa. Kedua, faktor ekonomi yaitu pihak penyedia jasa untuk kebutuhan hidup. Ketiga, faktor kurangnya pengetahuan muamalah yaitu karena para pihak beranggapan tujuan dalam muamalah itu sekedar suka sama suka dan memandang selama tidak merugikan satu sama lain itu boleh.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 18 Aug 2022 05:44
Last Modified: 18 Aug 2022 05:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20366

Actions (login required)

View Item View Item