EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

HUBUNGAN SABAR DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA PERANTAUAN DI UIN ANTASARI BANJARMASIN

RUSMIANI, RUSMIANI (2022) HUBUNGAN SABAR DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA PERANTAUAN DI UIN ANTASARI BANJARMASIN. Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (756kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (756kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (603kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (832kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Rusmiani: 1601451210. Hubungan Sabar dengan Psychological Well-Being pada Mahasiswa Perantauan di UIN Antasari Banjarmasin. Pembimbing (1) Dr. H. Akhmad Sagir, M. Ag. Pembimbing (2) Yulia Hairina, M. Psi, Psikolog. Prodi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, UIN Antasari Banjarmasin, 2022. Kata kunci: mahasiswa perantauan, psychological well-being, sabar Mahasiswa perantauan di tahun pertama akan menghadapi berbagai permasalahan seperti loneliness, kesulitan beradaptasi, mengatur keuangan, kecemasan dan depresi. Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada mahasiswa perantauan dapat mempengaruhi psychological well-being. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut diperlukan coping yang tepat. Strategi coping yang dianjurkan dalam ajaran Islam adalah coping religius diantaranya ialah sabar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat sabar pada mahasiswa perantauan di UIN Antasari Banjarmasin, mengetahui tingkat psychological well-being pada mahasiswa perantauan di UIN Antasari Banjarmasin dan menemukan hubungan antara sabar dengan psychological wellbeing pada mahasiswa perantauan di UIN Antasari Banjarmasin, dengan hipotesis terdapat hubungan positif antara sabar dan psychological well-being. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif korelasional dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 95 orang mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala sabar mengacu pada teori sabar oleh Abdul Mujib dan teori psychological wellbeing mengacu pada teori psychological well-being oleh Carol D. Ryff. Kedua skala telah diuji cobakan kepada 35 mahasiswa perantauan dengan hasil 9 item gugur dari 32 item sehingga ada 23 item valid dari skala sabar dan 11 item gugur dari 39 item pada skala psychological well-being sehingga total item yang valid ada 28 item. Adapun skor hasil uji reliabilitas pada skala sabar adalah 0,726 dan skala psychological well-being adalah 0,729 dapat diartikan bahwa kedua skala terbukti reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat sabar pada mahasiswa perantauan mayoritas berada pada kategori tinggi dengan persentase 92,4%, tingkat psychological well-being pada mahasiswa perantauan mayoritas berada pada kategori tinggi dengan persentase 82,1% dan terdapat korelasi positif yang sangat signifikan antara sabar dan psychological well-being (r = 0,364 dan p = 0,000), artinya kedua variabel memiliki hubungan yang positif dan searah, semakin tinggi variabel sabar maka semakin tinggi pula variabel psychological well-being. Begitu pula sebaliknya apabila tingkat sabarnya rendah maka psychological well-beingnya juga rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 22 Aug 2022 14:21
Last Modified: 22 Aug 2022 14:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20399

Actions (login required)

View Item View Item