EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SDLB NEGERI BARABAI

Hidayat, M. Aidil Rahman (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SDLB NEGERI BARABAI. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (440kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (889kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya peneliti yang melakukan penelitian proses pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa, padahal proses pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa pada masa pandemi Covid 19 merupakan hal yang cukup menarik untuk dikaji karena mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Diantara pembelajaran di SDLB yang memerlukan adaptasi baru adalah pembelajaran PJOK. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PJOK dan kendala apa saja yang terjadi ketika proses pelaksanaan pembelajaran PJOK dikelas IV SDLB Negeri Barabai pada masa covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru mata pelajaran PJOK. Adapun teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan klafikasi data. Selanjutnya, data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SDLB Negeri Barabai dilakukan dengan dua pelaksanaan pembelajaran. Untuk siswa tunarungu pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring dari tempat tingal siswa. Untuk siswa tunagrahita pembelajaran dilakukan secara luring, siswa datang ke sekolah seperti biasa. Kendala yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SDLB Negeri Barabai ada bebrapa hal, yaitu: (1) Ketunaan siswa. (2) Penerapan protokol kesehatan. (3) Keadaan siswa yang pilih-pilih guru. (4) Alokasi waktu guru mengajar jadi bertambah. (5) Keadaan orang tua/wali siswa saat pembelajaran daring yang sibuk. (6) Keadaan orang tua/wali siswa yang tidak mahir menggunakan gawai. (7) Keadaan orang tua/wali siswa di tempat tinggal saat pembelajaran daring yang kurang bisa mendampingi siswa. (8) Keadaan orang tua/wali siswa di tempat tinggal saat pembelajaran daring yang tidak memahami pedoman yang telah diberikan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:33
Last Modified: 29 Aug 2022 01:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20433

Actions (login required)

View Item View Item