EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN ORANGTUA DAN GURU DALAM MORAL MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL ANAK DI MI DARUT TAQWA KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN

Monekasari, Hadiyani (2022) PERAN ORANGTUA DAN GURU DALAM MORAL MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL ANAK DI MI DARUT TAQWA KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (918kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang mencerminkan terkikisnya nilai moral pada anak. Namun, orangtua dan guru di MI Darut Taqwa Kecamatan Banjarmasin Selatan mampu mengatasi fenomena-fenomena tersebut dengan berbagai kegiatan. Peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai peran yang dilakukan oleh orangtua dan guru dalam menanamkan nilainilai moral di MI Darut Taqwa Kecamatan Banjarmasin Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang turun langsung ke lapangan untuk menggali data yang informasi yang akurat. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan guru di MI Darut Taqwa Kecamatan Banjarmasin Selatan, sedangkan objeknya adalah peran orangtua dan guru dalam menanamkan nilai-nilai moral anak di MI Darut Taqwa Kecamatan Banjarmasin Selatan. Penelitian ini menggunakan deskriptif, yaitu memaparkan seluruh kejadian dan gejala yang muncul pada saat penelitian berlangsung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan peran orangtua dan guru dalam menanamkan nilai-nilai moral anak di MI Darut Taqwa Kecamatan Banjarmasin Selatan meliputi, peran orangtua adalah sebagai contoh teladan untuk anak memberikan bimbingan, memberikan fasilitas untuk membantu tumbuh kembang anak di samping dari kesibukan sehari-hari, adapun penghambat orangtua yaitu kurang ada waku sehingga mempengaruhi moral anak yang membuat peran orangtua sangat berpengaruh dan peran guru di Madrasah sebagai pelengkap membimbing di Madrasah, sebagai komunikator, model, evaluator, motivator dan agen kognitif untuk anak dimana guru berperan sebagai pelurus bagi perkembangan moral anak dan memperbaiki moral anak yang bermasalah dengan berbagai kegiatan maupun metode yang digunakan di Madrasah serta selalu memberikan motivasi anak untuk berbuat baik sehingga anak akan selalu terarah menuju kebaikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 08 Sep 2022 00:27
Last Modified: 08 Sep 2022 00:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20547

Actions (login required)

View Item View Item