EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PRAKTIK JUAL BELI BATU GUNUNG (STUDI KASUS DI DESA AWANG BANGKAL KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR)

Ansyori, Muhammad (2022) PRAKTIK JUAL BELI BATU GUNUNG (STUDI KASUS DI DESA AWANG BANGKAL KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR). Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (858kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Permasalahan pada praktik jual beli batu gunung di Desa Awang Bangkal Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar ini adalah ketika pengukuran kubik batu gunung yang dilakukan oleh penjual batu gunung itu berpotensi tidak sesuai dalam ukuran kubik batu gunung, penjual menggunakan ukurannya hanya berdasarkan perkiraan bukan berdasarkan alat ukuran yang yang berpotensi akurat, sehingga menimbulkan adanya unsur ketidakjelasan (gharar) terhadap ukuran objek yang diperjualbelikan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui praktik jual beli batu gunung di Desa Awang Bangkal Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. (2) Mengetahui tinjauan Hukum Islam dalam Praktik Jual Beli Batu Gunung di Desa Awang Bangkal Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah informan penjual dan pembeli di Desa Awang Bangkal Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Penelitian yang dilakukan ini dengan cara penulis bertanya kepada para informan untuk mengumpulkan data yang diperlukan, penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dengan teknik editing, deskripsi, dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian ini bahwa praktik jual beli batu gunung ini memakai Khiyar Ta’yin yang mana barang tersebut sudah diketahui bahwa dalam ukuran tidak jelas, akan tetapi pembeli menentukan untuk melanjutkan dalam pembelian batu gunung meskipun mereka tidak mengetahui apakah ukuran tersebut sesuai atau tidak, praktik jual beli batu gunung ini dilakukan dengan kesepakatan terlebih dahulu dan atas dasar suka sama suka. Akan tetapi ada syarat Ma’qūd ‘alaih (Barang yang dibeli) yang tidak terpenuhi yaitu dalam segi kadarnya, ukuran batu gunung menggunakan perkiraan, sehingga dapat menimbulkan unsur ketidakjelasan dan termasuk kategori jual beli (gharar).

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 05 Oct 2022 01:34
Last Modified: 05 Oct 2022 01:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20754

Actions (login required)

View Item View Item