EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Anti Korupsi dalam Konsep Tasawuf Syekh ‘Abd Al Wahhâb Al-Sya’rani (Studi Kitab Al-Minah Al-Saniyyah)

Mushofa, Mushofa (2022) Nilai-Nilai Anti Korupsi dalam Konsep Tasawuf Syekh ‘Abd Al Wahhâb Al-Sya’rani (Studi Kitab Al-Minah Al-Saniyyah). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

ABSTRAK

Tasawuf menjadi terapi positif dan aplikatif bagi manusia dalam menghadapi berbagai persoalan yang ditemui dalam semua aspek kehidupannya. Tasawuf adalah jalan bagaimana manusia dapat dekat dengan Tuhannya, ketika hati sudah dekat dengan Tuhan, maka dengan sendirinya, manusia akan selalu dekat dengan kebaikan, amal shaleh, sikap dan perilaku yang baik. Pada titik inilah manusia bisa menghindarkan diri dari segala kejelekan, perbuatan maksiat serta perilaku yang buruk. Hati seorang sufi akan mampu menghadapi cobaancobaan dan bujukan hawa nafsu, syahwat, dan kecenderungan-kecenderungan duniawi lainnya, terutama dalam hal ini adalah prilaku korupsi. Maka dalam penelitian ini diberi judul “Nilai-nilai Anti Korupsi Dalam Konsep Tasawuf Syeikh „Abd Al-Wahhâb Al-Sya‟rani (Studi Kitab Al-Minah Al-Saniyyah).” Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui konsep tasawuf yang diajarkan Syeikh „Abd al-Wahhȃb al-Sya‟rani dalam kitab al-Minah al-Saniyyah dan relevansinya dengan pencegahan korupsi. Dan ingin mengetahui nilai-nilai tasawuf yang ditanamkan Syeikh „Abd al-Wahhȃb al-Sya‟rani dalam kitab alMinah al-Saniyyah dan urgensinya untuk penanaman sikap anti korupsi. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitative research) dalam bentuk penelitian kepustakaan (library research). Adapun sumber data primernya adalah kitab al-Minah al-Saniyyah karya Syekh „Abd al-Wahhȃb alSya‟rani dan sumber skundernya adalah kitab-kitab yang terkait dengan konsep tasawuf. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisa menggunakan analisis hermeneutika Gadamer. Setelah dilakukan penelitian dan analisis data, ditemukan bahwa konsep ajaran tasawuf Syeikh „Abd al-Wahhȃb al-Sya‟rani sangat menekankan pada aspek akhlak yang erat kaitannya dengan integritas diri seseorang sehingga sangat relevan dengan pencegahan korupsi. Dan nilai-nilai tasawuf yang diajarkan Syeikh „Abd al-Wahhȃb al-Sya‟rani dalam kitab al-Minah al-Saniyyah yaitu: zuhud, wara’, kepedulian, menjauhi barang haram, kejujuran, kerja keras, keberanian dan anti kezaliman. Nilai-nilai tersebut sangat urgen sekali untuk penanaman sikap anti korupsi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:10
Last Modified: 14 Oct 2022 06:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20803

Actions (login required)

View Item View Item