EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kiprah H. Sarkawi dalam Pembinaan Seni Baca Al-Qur’an di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Aidina, Nadhiraturrahmi (2022) Kiprah H. Sarkawi dalam Pembinaan Seni Baca Al-Qur’an di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (663kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Perkembangan seni baca Al-Qur’an ditandai dengan banyak berdirinya organisasi-organisasi dan tempat pembinaan seni baca Al-Qur’an di berbagai daerah. Banyaknya perlombaan atau haflah Qur’an mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi bahkan nasional juga mendominasi peminat seni baca Al-Qur’an tersebut. Dalam sebuah pembinaan tentunya tidak terlepas dari seorang guru. H. Sarkawi adalah salah satu qari dan guru seni baca Al-Qur’an di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang masih mengadakan pembinaan sejak tahun 90-an hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biografi H. Sarkawi secara keseluruhan, kiprahnya dalam membina seni baca Al-Qur’an khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, serta metode dan teknik yang digunakan H. Sarkawi sehingga pembinaannya masih bertahan hingga sekarang dan dapat melahirkan qari dan qariah Nasional. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana kiprah H. Sarkawi dalam pembinaan seni baca Al-Qur’an di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bagaimana metode dan teknik yang digunakan oleh H. Sarkawi dalam pembinaan seni baca Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu murid-murid dan teman sejawat H. Sarkawi. Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H. Sarkawi memiliki peran besar dalam pembinaan seni baca Al-Qur’an di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kemudian ia juga menjadi guru seni baca Al-Qur’an di berbagai kabupaten lainnya seperti Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, bahkan di provinsi lain seperti Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Metode yang digunakan H. Sarkawi dalam pembinaan seni baca Al-Qur’an adalah metode sima’i dan metode talaqqi. H. Sarkawi tidak hanya menjadi qari dan guru seni baca Al-Qur’an, beliau juga menjadi juri/Dewan Hakim pada setiap perlombaan seni baca Al-Qur’an dan menjadi pelatih pada Trainning Centre (TC) tingkat Kabupaten dan Provinsi yaitu di Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. H. Sarkawi juga aktif diberbagai organisasi tingkat Kabupaten Hulu Sungai Tengah seperti IPQAH, LPTQ, dan BKPRMI. Selain itu, beliau juga menjadi imam shalat Jum’at dibeberapa mesjid di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Item Type: Skripsi
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CT Biography
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:55
Last Modified: 20 Oct 2022 01:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item