EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Mekanisme Pembiayaan di Bank Wakaf Mikro Al-Hijrah Cindai Alus Martapura

Kurniawati, Isna (2022) Mekanisme Pembiayaan di Bank Wakaf Mikro Al-Hijrah Cindai Alus Martapura. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I LATAR BELAKANG.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berdirinya Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putera yang menyediakan pembiayaan modal usaha mikro dengan berbasis pesantren bagi masyarakat menengah kebawah yang berada di sekitar pesantren, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mekanisme Pembiayaan di Bank Wakaf Mikro Al-Hijrah Cindai Alus Martapura dan kendala yang dihadapi pada Pembiayaan di Bank Wakaf Mikro Al-Hijrah Cindai Alus Martapura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, dokumentasi, catatan-catatan penting dan observasi. Lokasi penelitian ini bertempat di Bank Wakaf Mikro Al-Hijrah Cindai Alus Martapura dengan informan yaitu karyawan di Bank Wakaf Mikro Al-Hijrah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, meliputi data pendukung yang berhubungan dengan penelitian untuk melengkapi data primer. Melalui Teknik analisis kualitatif, hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama: Mekanisme pembiayaan Bank Wakaf Mikro Al-Hijrah dengan pendekatan pembimbingan kepada angota-anggota mengenai program yang akan diajukan. Adapun tahapannya yaitu dimulai dari penagjuan pembiayaan, kemudian melakukan uji kelayakan dengan memastikan kebenaran data anggota membentuk kelompok para anggota, melakukan Pra Pelatihan Wajib Kelompok (Pra PWK) dan Pelatihan Wajib Kelompok (PWK). Kedua: Kendala yang dihadapi oleh Bank Wakaf Mikro Al-Hijrah adalah menurunnya pendapatan terhadap UMKM akibat Covid-19 dan pasca Covid-19 sehingga berdampak pada terhambatnya pembayaran angsuran oleh nasabah yang dilakukan pada saat Halaqah Mingguan karena adanya peraturan oleh pemerintah untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan dan adanya daya saing tinggi sehingga berkurangnya daya beli masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Oct 2022 00:22
Last Modified: 24 Oct 2022 00:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20884

Actions (login required)

View Item View Item