EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Wakaf Produktif di Masjid Baiturrahim Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu

Yulianti, Dewi (2022) Manajemen Wakaf Produktif di Masjid Baiturrahim Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN DEWI.pdf

Download (426kB)
[img] Text
AWAL DEWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Dewi.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 1 Dewi.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB 2 DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
BAB 3 DEWI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 4 DEWi.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB 5 DEWI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEWI.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wakaf menjadi salah satu instrumen dalam ekonomi Islam yang memiliki potensi tinggi guna meningkatkan kemaslahatan umat. Untuk menjadi wakaf produktif perlu adanya manajemen yang baik. Masjid Baiturrahim adalah salah satu masjid yang tidak hanya berkembang dari segi peribadatan tetapi juga mulai berkembang dibidang perekonomian dengan mengelola wakaf produktif berupa tempat mesin ATM, tempat parkir, penyewaan beberapa aset yang dimiliki, Toko dan gedung sarang burung walet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman manajemen (Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan) dan kendala yang dihadapi dalam manajemen wakaf produktif di masjid Baiturrahim Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai informan dan mengumpulkan data-data dengan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa manajemen wakaf produktif di masjid Baiturrahim Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu sudah menerapkan fungsi Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Namun penerapan fungsi manajemen masih belum maksimal karena ada beberapa progam atau rencana usaha yang belum mencapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan yaitu gedung sarang burung walet dan toko untuk menjalankan usaha jual beli dan pada fungsi pengorganisan belum ada pembagian tugas secara khusus untuk mengelola wakaf produktif. Wakaf di masjid Baiturrahim masih murni dikelola oleh pengelola masjid belum ada pengelola atau nazhir yang khusus untuk mengelola. Kendala yang dihadapi dalam manajemen wakaf produktif adalah sulitnya mengumpulkan anggota secara lengkap saat rapat atau kurangnya profesional dalam membagi waktu dan kurangnya dana yang dimiliki.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Oct 2022 00:02
Last Modified: 25 Oct 2022 00:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20919

Actions (login required)

View Item View Item