EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemanfaatan Aplikasi Ensiklopedia Hadits Kitab 9 Imam pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas X di MAN 4 Banjar

Azizah, Nor (2022) Pemanfaatan Aplikasi Ensiklopedia Hadits Kitab 9 Imam pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas X di MAN 4 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (690kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pengamatan penulis melihat bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang semakin maju maka guru dituntut untuk kreatif dengan media pembelajaran dan minimnya kegiatan menganalisis hadits oleh kalangan muda salah satunya dikarenakan kitab-kitab hadits yang tidak sepopuler Al-Qur’an keberadaannya. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti. Adapun tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu mengetahui pemanfaatan aplikasi ensiklopedia hadits kitab 9 imam pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MAN 4 Banjar serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dengan tujuan memperoleh dan mengumpulkan data terkait pemanfaatan aplikasi ensiklopedia hadits kitab 9 imam pada pembelajaran Al- Qur’an Hadits kelas X di MAN 4 Banjar. Dan yang menjadi subjek penelitiannya adalah guru Al-Qur’an Hadits dan siswa/siswi kelas X MAN 4 Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu editing, klasifikasi data, interpretasi data, redukasi data. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa, pemanfaatan aplikasi Ensiklopedia Hadits Kitab 9 Imam pada pembelajaran Al- Qur’an Hadits kelas X di MAN 4 Banjar yaitu: guru mampu memilih media pembelajaran dengan menyesuaikan materi yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Guru juga tidak terbatas pada aplikasi Ensiklopedia Hadits Kitab 9 Imam tetapi juga menggunakan software aplikasi maktabah syamilah dan melihat dari latar belakang tidak semua siswa berasal dari sekolah keagamaan ada sebagian siswa yang berasal dari sekolah umum seperti SMP maka dari itu, guru mempertimbangkan menggunakan aplikasi Ensiklopedia Hadits Kitab 9 Imam. Faktor pendukung antara lain: Pelatihan guru, siswa bersemangat, aktif, kuota gratis, aplikasi Ensiklopedia Hadits Kitab 9 Imam yang mudah dijangkau. Faktor penghambat meliputi: ada sebagian siswa yang tidak bisa bahasa Arab, terbatas koneksi jaringan bagi siswa yang tempat tinggal pedalaman, mahalnya harga kuota, gangguan listrik mati, siswa jenuh terhadap pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:44
Last Modified: 25 Oct 2022 07:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20937

Actions (login required)

View Item View Item