EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Ensiklopedia Ramuan Herbal di Desa Parebok Kecamatan Teluk Sampit

Suaidah, Suaidah (2022) Pengembangan Ensiklopedia Ramuan Herbal di Desa Parebok Kecamatan Teluk Sampit. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (746kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

ABSTRAK

Suaidah. 180101110226. Pengembangan Ensiklopedia Ramuan Herbal Di Desa Parebok Kecamatan Teluk Sampit. Pembimbing Bidang Konten dan Metodologi: Febrianawati Yusup, M. Pd. dan Pembimbing Bidang Bahasa dan Teknik Penulisan: Ita, S. Pd., M. Pd. pada Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, 2022. Kata Kunci: Ramuan Herbal, Validitas Ensiklopedia Ramuan herbal berasal dari tanaman herbal yang dibuat secara sederhana yang digunakan untuk melawan penyakit dan juga digunakan sebagai peningkat daya tahan tubuh pada saat pandemi Covid-19. Peneliti hanya meneliti famili Zingiberaceae saja karena masyarakat desa Parebok hanya menggunakan tanaman herbal dari famili Zingiberaceae. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) ramuan herbal sebagai peningkat daya tahan tubuh masa pandemi Covid-19 di desa Parebok Kecamatan Teluk Sampit, dan (2) validitas ensiklopedia hasil dari ramuan herbal sebagai peningkat daya tahan tubuh masa pandemi Covid-19 di desa Parebok Kecamatan Teluk Sampit. Metode penelitian adalah Educational Design Research (EDR). Pada penelitian ini menggunakan uji evaluasi formatif Tessmer yang dibatasi pada evaluasi diri (self evaluation) dan uji pakar (expert review) untuk mengetahui validitas produk. Hasil penelitian diketahui bahwa famili Zingiberaceae berupa kunyit (Curcuma longa L.), jahe (Zingiber officinale), dan temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) termasuk habitus semak dengan periodisitas pirenial. Famili ini mempunyai karakter morfologi dengan sifat akar serabut, percabangan monopodial dengan arah tumbuh tegak lurus. Pada evaluasi diri (self evaluation) hanya menentukan judul, merancang outline dan lain-lain, pada hasil persentase uji validitas buku ensiklopedia oleh uji pakar (expert review) berupa ahli media sebesar 85,21% kategori sangat valid sedangkan hasil validasi ahli media sebesar 84,31% kategori valid. Hasil rata-rata uji validitas ahli pakar sebesar 84,76% menunjukkan bahwa validitas buku ensiklopedia valid untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:00
Last Modified: 11 Nov 2022 00:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21056

Actions (login required)

View Item View Item