EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Dakwah Pengajian Jumat Takwa Siswa SMPN 1 Tapin Selatan Kabupaten Tapin

Akmalia, Nur Agni (2022) Metode Dakwah Pengajian Jumat Takwa Siswa SMPN 1 Tapin Selatan Kabupaten Tapin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Latar belakang pada penelitian ini adalah dakwah yang dianggap sebagai proses pendidikan akhlak yang baik, dan nilai-nilai keislaman harus benar-benar disebutkan, dan nilai-nilai tersebut harus diterapkan kepada anak-anak sedini mungkin. Metode dakwah merupakan bentuk penyampaian yang dapat dibagi menjadi beberapa kelompok seperti lisan, tulisan, akhlak, lukisan, dan audio visual. Dari berbagai metode dakwah ini, metode dakwah dengan lisan merupakan metode yang lebih fleksibel dibanding dengan metode yang lain. Akhlak memiliki pengaruh yang besar terhadap individu manusia dan suatu bangsa. Ketika anak sudah dewasa dan terbiasa dengan akhlak yang kurang baik, sulit untuk mendidik dan memperbaikinya. SMP dikenal sebagai sekolah umum yang tidak begitu mempelajari agama Islam secara mendalam karena yang dipelajari kebanyakannya ilmu-ilmu umum. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin menganjurkan kepada lembaga Pendidikan di bawah Dinas Pendidikan unuk menyelenggarakan kegiatan Jumat Takwa ini, dan Kementrian Agama Kabupaten Tapin menyambut baik kegiatan tersebut, adanya kegiatan pengajian perlu di laksanakan di sekolah SMP ini, untuk membantu memperbaiki akhlak siswa dan memberikan pemahaman tentang ilmu agama. Setidaknya siswa tidak hanya belajar materi umum saja, namun ilmu agama pun didapatkan siswa selama bersekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi dan metode yang digunakan dai dalam kegiatan pengajian jumat takwa siswa SMPN 1 Tapin Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang tergolong dalam penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru SMPN 1 Tapin Selatan, penyuluh, siswa dan alumni. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa materi yang digunakan dalam pengajian jumat takwa yakni menggunakan kitab asrarus shalat dan kitab ta‟limutta‟lim. Metode dakwah yang digunakan menggunakan dakwah bil lisan adapun cara yang digunakan dai seperti ceramah, diskusi, menggunakan retorika agar pendengar nyaman mendengar apa yang disampaikan dan yang terakhir tanya jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:30
Last Modified: 18 Nov 2022 08:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21076

Actions (login required)

View Item View Item