EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hukum Talaṡṡum Ketika Salat (Studi Komparatif Mazhab Maliki dan Mazhab Syafi’i)

Erlinda, Alimah (2022) Hukum Talaṡṡum Ketika Salat (Studi Komparatif Mazhab Maliki dan Mazhab Syafi’i). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berdasarkan pada problematika saat ini yaitu wabah yang melanda Indonesia yaitu virus covid-19 berasal dari Wuhan, China. Tingkat masyarakat yang terpapar virus covid-19 di Indonesia sangat banyak sehingga pemerintah mengeluarkan peraturan yang berlaku bagi seluruh kalangan masyarakat. Menggunakan masker dan menjaga jarak adalah peraturan pemerintah bagi siapa saja yang berkegiatan di luar rumah termasuk ketika melaksanakan salat di masjid atau mushola umum. Penggunaan masker ketika salat dapat menutupi mulut dan hidung atau disebut dengan talaṡṡum. Sehingga dengan menggunakan masker mulut dan hidung akan tertutup dan hidung tidak menyentuh tempat sujud. Hal inilah yang menjadi keresahan masyarakat karena khawatir akan keabsahan salatnya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat hukum talaṡṡum dari Mazhab Maliki dan Mazhab Syafi’i serta dalil dan metode istinbath yang digunakan oleh Mazhab Maliki dan Mazhab Syafi’i dalam menetapkan masing�masing hukumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka yang bersifat deskriftif komparatif yaitu mendeskripsikan permasalahan yang diteliti dengan buku-buku sebagai sumber datanya, dan mencari tahu persoalan tentang hukum hidung menyentuh tempat sujud dalam salat. Teknik pengumpulan bahan hukum dengan melakukan pengumpulan bahan hukum dari berbagai referensi kemudian membandingkan dengan obyek yang diteliti untuk memperoleh hasilnya. Hasil Mazhab Maliki berpendapat menempelkan hidung ketika sujud adalah sunah. Berdasarkan pada hadis riwayat sujud dengan dahi tanpa menyebutkan hidung dalam salah satu dari tujuh tulang tersebut. Mazhab Syafi’i berpendapat sujud dengan menempelkan hidung adalah sunnah muakkad Berdasarkan pada hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang mengisyaratkan untuk menempelkan hidung ketika sujud dalam hadisnya. Perbedaan itu ada pada dalil dan metode istinbath yang digunakan dalam menentukan hukum. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi khawatir menggunakan masker ketika salat dan sujud merujuk pada hukum talaṡṡum adalah makruh jika tidak ada alasan yang mengharuskannya, dan menempelkan hidung ketika sujud dari Mazhan Maliki adalah sunah dan Mazhab Syafi’i adalah sunah muakkad.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Nov 2022 05:24
Last Modified: 23 Nov 2022 05:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21089

Actions (login required)

View Item View Item