EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Media Pohon Literasi pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Tarungin 2 Kabupaten Tapin

Khadijah, Khadijah (2022) Penggunaan Media Pohon Literasi pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Tarungin 2 Kabupaten Tapin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Media pohon literasi merupakan salah satu media pembelajaran yang berbentuk pohon yang berupa tempelan-tempelan kertas dua dimensi. Media ini bertujuan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Menggunakan media pembelajaran anak lebih bersemangat dan dapat memperlancar kegiatan belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis penggunaan media pohon literasi pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN Tarungin 2 Kabupaten Tapin, 2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat media pohon literasi pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN Tarungin 2 Kabupaten Tapin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru kelas IV dan 8 orang peserta didik kelas IV di SDN Tarungin 2 Kabupaten Tapin. Objek penelitian ini adalah proses penggunaan media pohon literasi pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN Tarungin 2 Kabupaten Tapin, serta faktor pendukung dan penghambat media pohon literasi. Alat pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pohon literasi pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN Tarungin 2 Kabupaten Tapin sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Media pohon literasi dapat menarik perhatian siswa sehingga mereka tidak bosan saat proses pembelajaran berlangsung, serta peserta didik mampu memahami isi materi dan guru merasa terbantu ketika mengajar menggunakan media pohon literasi. Latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja guru yang membuat guru terampil dalam menggunakan media pembelajaran pada proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:08
Last Modified: 28 Nov 2022 03:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21097

Actions (login required)

View Item View Item