EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Top Up Game Online di Kalangan Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin

Salam, Muhammad Thayyib (2022) Praktik Top Up Game Online di Kalangan Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Syariah.

[img] Text
Pernyataankeaslian.pdf

Download (530kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (449kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (801kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya praktik top up game online yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Dimana dalam praktik tersebut penulis melihat adanya transaksi yang sangat menarik untuk diteliti lebih lanjut, karena transaksi seperti ini sangat jarang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran praktik top up game online, yang meliputi: tempat melakukan transaksi, akad yang dipakai seperti apa, metode pembayaran yang digunakan dan kemudian akan muncul tinjauan hukum Islam terhadap praktik top up game online yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang dilakukan di kampus UIN Antasari Banjarmasin. Peneliti melakukan wawancara terhadap 10 informan dan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Aktif UIN Antasari Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik top up game online yang dilakukan mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin terdapat 3 variasi transaksi, yaitu pertama bertransaksi secara langsung penjual dan pembeli, transaksi seperti inilah kebanyakan ada unsur penipuan karena tidak kenal dan tidak pernah bertatap muka satu sama lain meskipun begitu kalau pembeli cerdas mengamati dan memilih penjual yang jujur maka tidak akan ada unsur penipuan jadi penulis membolehkan transaksi seperti ini, kedua praktik yang dilakukan menggunakan aplikasi marketplace atau memakai perantara pihak ketiga, cara transaksi seperti ini sudah jelas sangat aman karena menggunakan perantara pihak ketiga jadi ini sangat dibolehkan karena tidak ada unsur penipuan, dan yang terakhir praktik yang dilakukan melalui sistem dalam aplikasi game yang sudah disediakan oleh game tersebut, untuk transaksi seperti ini pembeli melakukan transaksi dengan sistem otomatis jadi tidak mungkin ada unsur penipuan kecuali ada sistem error, namun meskipun bisa terjadi kesalahan dari sistem pembeli masih bisa klaim saldo yang diisi dengan mengirimkan bukti transaksi jadi transaksi seperti ini dibolehkan. Dari ketiga praktik tersebut berdasarkan teori yang ada dalam hukum Islam, melihat dari segi rukun dan syarat sah jual beli, maka praktik top up game online yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin dibolehkan menurut hukum Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Dec 2022 05:52
Last Modified: 08 Dec 2022 05:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21143

Actions (login required)

View Item View Item