EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kompetensi Manajerial Kepala Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin

Nazarhani, M. Abdillah (2022) Kompetensi Manajerial Kepala Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
AWAL ABDILLAH.pdf

Download (620kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin merupakan salah satu perpustakaan yang meraih akreditas A berkat kerja keras yang dilakukan oleh tenaga perpustakaan. Hal ini tak luput dari kontribusi kepala perpustakaan yang mana telah arahan serta menggerakkan tenaga perpustakaan untuk terus maju dan berkembang serta aktif dalam melakukan kegiatan berorganisasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk digali lebih dalam terkait penerapan kompetensi manajerial oleh kepala perpustakaan dalam memajukan dan mengembangkan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan yang dilakukan kepala perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin terkait kompetensi manajerial yang dimilikinya serta hambatan-hambatan yang dilalui saat proses penerapannya berdasarkan Permendiknas RI Nomor 25 tahun 2008 meliputi kepemimpinan tenaga perpustakaan sekolah, merencanakan program perpustakaan sekolah, melaksanakan program perpustakaan sekolah, mengawasi program perpustakaan sekolah, dan mengevaluasi program perpustakaan sekolah. Penelitian yang dilakukan dengan field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif. Adapun pengumpulan data yang dilakukan melalui 3 (tiga) teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan data dan terakhir data akan diuji kevalidannya menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepala Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin memiliki kompetensi manajerial berdasarkan Permendiknas Nomor 25 Tahun 2008 mengenai Standar Tenaga Perpustakaan yang berkaitan dengan judul penelitian yaitu Kompetensi Manajerial Kepala Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin dengan mengikutsertakan para pustakawan MAN 2 Kota Banjarmasin untuk pelatihan serta melaksanakan laporan bulanan/tahunan. Kemudian mengadakan rapat bulanan untuk program perpustakaan bersama pustakawan, melakukan promosi perpustakaan melalui media sosial, melakukan pengawasan melalui monitoring terhadap situasi dan kondisi di perpustakaan, dan melakukan pengevaluasian. Walaupun demikian, adapun hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya pustakawan yang menyebabkan terhambatnya kegiatan perpustakaan yang semakin lama menumpuk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:34
Last Modified: 14 Dec 2022 06:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21195

Actions (login required)

View Item View Item