EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Pendidikan Pondok Darul Hijrah terhadap Religiositas Santrinya

Najib, Ahmad (2022) Pengaruh Pendidikan Pondok Darul Hijrah terhadap Religiositas Santrinya. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (474kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (824kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pondok Darul Hijrah memiliki banyak kegiatan pendidikan, pembelajaran, dan memiliki metode yang beragam untuk setiap kegiatan pendidikannya. Antara lain kegiatan pendidikannya yaitu sekolah formal sederajat MA dan SMA. Kemudian pendidikan non formal di kamar dan area pondok yang langsung diawasi oleh pengurus kamar dan pengurus santri, kemudian ada pula pendidikan berupa pengajian agama yang diadakan setiap malam kamis setelah shalat magrib di masjid Nurul Anshor pondok Darul Hijrah. Kegiatan-kegiatan ini bersifat wajib dan mutlak diikuti oleh setiap santri, dari kelas satu sampai kelas enam, dan menjadi sarana memperoleh ilmu tambahan bagi para santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan berapa besar pengaruh pendidikan pondok Darul Hijrah terhadap peningkatan religiositas santrinya pada pengamalan shalat Rawatib dan puasa Senin-Kamis. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan menjadikan santri pondok Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura sebagai sampelnya. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling dimana semua individu dalam populasi dapat dipilih sebagai sampel, karena populasi yang diambil hanyalah santri yang sudah menempuh pendidikan selama empat sampai enam tahun di pondok Darul Hijrah yang berjumlah 657 orang maka digunakan pengambilan sampel dengan model yang dikemukakan oleh Gay untuk penelitian kuantitatif, besar sampel dapat diambil adalah 10% dari 657 yakni 66 sampel atau 66 responden. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner dan data pendukung lainnya diperoleh dari kepustakaan. Validitas dan reliabilitas diperoleh dari hasil analisis pengukuran instrumen menggunakan skala model Guttman dan analisis data menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri pondok Darul Hijrah putra mempunyai tingkat religiositas pada kategori tinggi 50 orang (75.8%), pada kategori sedang 15 orang (22.7%), dan pada kategori rendah 1 orang (1.5%) terdapat pengaruh signifikan antara variabel pendidikan pondok terhadap religiositas santri (regression sig. 0.026 ˂ 0.05) yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima dan terdapat hubungan antara variabel (X) dengan variabel (Y) atau pendidikan pondok mempunyai pengaruh terhadap peningkatan religiositas pada santri. Berdasarkan hasil analisis determinasi dapat disimpulkan bahwa pendidikan pondok memberikan pengaruh 8.1% terhadap peningkatan religiositas santrinya pada pengamalan shalat Rawatib dan puasa Senin-Kamis.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 19 Dec 2022 00:41
Last Modified: 19 Dec 2022 00:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21228

Actions (login required)

View Item View Item