EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Buku Saku Tumbuhan Paku Epifit Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa

Listiyanti, Rindah (2022) Pengembangan Buku Saku Tumbuhan Paku Epifit Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN (RINDAH L TBIO-18).pdf

Download (188kB)
[img] Text
2. AWAL (RINDAH L TBIO-18).pdf

Download (767kB)
[img] Text
3. ABSTRAK (RINDAH L TBIO-18).pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. BAB I (RINDAH L TBIO-18).pdf

Download (200kB)
[img] Text
5. BAB II (RINDAH L TBIO-18).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III (RINDAH L TBIO-18).pdf

Download (216kB)
[img] Text
7. BAB IV (RINDAH L TBIO-18).pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V (RINDAH L TBIO-18).pdf

Download (24kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA (RINDAH L TBIO-18).pdf

Download (247kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN (RINDAH L TBIO-18).pdf

Download (8MB)

ABSTRAK

Tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang dapat hidup pada habitat beragam. Banyaknya jenis tumbuhan paku epifit yang ditemukan di Desa Tegalrejo disebabkan lokasi penelitian tersebut memiliki perkebunan kelapa sawit yang luas dan didukung dengan kondisi lingkungan yang baik untuk pertumbuhan jenis tumbuhan paku epifit. Observasi yang telah dilakukan peneliti, belum ada penelitian terkait jenis-jenis tumbuhan paku epifit di wilayah tersebut, sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dan mengembangkannya menjadi buku saku sebagai sumber belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) jenis-jenis tumbuhan paku epifit pada tanaman kelapa sawit di Desa Tegalrejo, (2) kevalidan buku saku tumbuhan paku epifit pada tanaman kelapa sawit sebagai sumber belajar mahasiswa, dan (3) kepraktisan buku saku tumbuhan paku epifit pada tanaman kelapa sawit sebagai sumber belajar mahasiswa. Jenis penelitian adalah Educational Design Research berbasis penelitian. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan data lapangan menggunakan teknik purposive sampling dan metode jelajah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan kuesioner. Data lapangan selanjutnya dideskripsikan, kemudian divalidasi menggunakan desain evaluasi formatif Tessmer (1993) yang dibatasi sampai uji one to one. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 12 jenis tumbuhan paku epifit, yaitu Asplenium nidus L., Asplenium resiliens Kunze, Asplenium trilobum Cav.. Stenochlaena palustris (Burm.f) Bedd., Davallia denticulata (Burm.f) Mett. Ex Kuhn, yaitu Nephrolepis biserrata (Sw.) Schott, Nephrolepis radicans (Burm.f) Kuhn, Vittaria ensiformis Sw., Phymatosorus scolopendria (Burm.f), Drynaria quercifolia (L) J. Sm, Goniophlebium percussum, dan Phegopteris connectilis (Michx.) Watt. Hasil persentase uji validitas adalah 81,97% (sangat valid). Sedangkan hasil persentase uji one to one adalah 86,84% (sangat praktis).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QK Botany
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 19 Dec 2022 05:51
Last Modified: 19 Dec 2022 05:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21266

Actions (login required)

View Item View Item