EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Studi Tentang Sejarah Masjid Jami Tuhfaturroghibin dan Kiprahnya dalam Pendidikan di Alalak Tengah

Nurhaliza, Siti (2022) Studi Tentang Sejarah Masjid Jami Tuhfaturroghibin dan Kiprahnya dalam Pendidikan di Alalak Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan keaslian.pdf

Download (249kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (384kB)
[img] Text
ABSTRAK LIZA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I LIZA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II LIZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III LIZA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV LIZA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB V LIZA.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LIZA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN LIZA.pdf

Download (230kB)

ABSTRAK

Masjid merupakan tempat ibadah sekaligus sebagai lembaga pendidikan Islam bagi kaum muslimin yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Keadaan lembaga pendidikan Islam di Indonesia terutama dalam bentuk masjid sudah ada pada masa para penyebar Islam sejak awal masuknya Islam di Indonesia. Para wali atau ulama-ulama yang menyebarkan agama Islam pada zaman dahulu menjadikan masjid sebagai pusat dakwah penyebaran dan pengembangan Islam di Indonesia. Oleh karena itu masjid memiliki kiprah yang sangat penting dalam pendidikan Islam di berbagai wilayah, khususnya di Alalak tengah yaitu Masjid Jami Tuhfaturroghibin. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Sejarah dan kiprah pendidikan Islam pada Masjid Jami Tuhfaturroghibin Alalak Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Seajarah dan kiprah pendidikan islam pada Masjid Jami Tuhfaturroghibin Alalak Tengah. Masjid Jami Tuhfaturroghibin ini merupakan Masjid kanas ini termasuk masjid tertua keempat di kota Banjarmasin. Masjid Tuhfaturroghibin atau masjid kanas ini menjadi ciri khas karena terdapat hiasan buah nanas diatasnya. Masjid kanas ini menjadi simbol kebanggaan masyarakat Alalak tengah, Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai sejarah dan kiprah pendidikan islam yang ada di Masjid Jami Tuhfaturroghibin. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada penyimpulan secara induktif serta analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati. Objek penelitian ini adalah sejarah Masjid Jami Tuhfaturroghibin dan kiprahnya dalam pendidikan Islam. Subjek penelitian ini adalah Ketua Badan Pengelola Masjid Jami Tuhfaturroghibin dan anggotanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi observasi, wawancara, dan documenter. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat sejarah Masjid Jami Tuhfaturroghibin dan kiprahnya dalam pendidikan Islam di Alalak Tengah. Pendidikan Islam yang ada pada Masjid Jami Tuhfaturroghibin iyalah adanya Majelis Ta’alim yang diadakan setiap malam Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Adapun pendidikan Islam lainnya yaitu berdirinya Pondok Pesantren Trabiyatul Islamiyah. Dengan adanya aktivitas tersebut di harapkan agar generasi masyarakat Alalak tengah menjadi pribadi yang berakhlakul karimah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 19 Dec 2022 05:53
Last Modified: 19 Dec 2022 05:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21268

Actions (login required)

View Item View Item