EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembacaan Surah Yâsin dalam Manakib Siti Khadijah di Majelis Raudhatul Ghanna An-Nabawiyah Kandangan

Isnaniah, Isnaniah (2022) Pembacaan Surah Yâsin dalam Manakib Siti Khadijah di Majelis Raudhatul Ghanna An-Nabawiyah Kandangan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (307kB)

ABSTRAK

Surah Yâsin merupakan salah satu surah paling populer dalam al-Qur’an, surah yang paling dikenal dan sering dibaca di masyarakat Indonesia saat mengisi kegiatan keagamaan, surah ini juga dibaca dibanyak majelis. Ada yang menjadikannya sebagai pembuka pengajian, ada juga yang menjadikannya sebagai dzikiran, dan juga sebagai acara inti yang biasa disebut sebagai Yâsinan, atau sebatas kebiasaan individu yang dibaca rutin setiap hari. salah satu majelis yang rutin melakukan pembacaan surah Yâsin adalah majelis Raudhatul Ghanna AnNabawiyah sebagai pembuka dan memulai pembacaan manakib Siti Khadijah Pembahasan dari penelitian ini fokusnya adalah terkait dengan proses pelaksanaan pembacaan surah Yâsin dalam kegiatan manakib Siti Khadijah, dan kemudian apa tujuan dan manfaat dari pelaksanaan pembacaan Yâsin dalam kegiatan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan analisis deskriptif, dan yang menjadi objek penelitian ini adalah para jama’ah majelis Raudhatul Ghanna An-Nabawiyah, Kandangan. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yaitu dengan melihat dan terjun langsung kelapangan, dan yang selanjutnya adalah melakukan wawancara terhadap beberapa jama’ah yang menjadi informan penting dalam penelitian ini. Hasil dari analisis data yaitu pembacaan surah Yâsin dalam manakib Siti Khadijah dilakukan setiap satu bulan sekali, kegiatan inti meliputi pembacaan surah Yâsin dan manakib Siti Khadijah serta dzikir bersama dengan harapan dapat meneladani kepribadian Siti Khadijah dan di akherat kelak dapat berkumpul bersama degan Siti Khadijah. Para jama’ah yang hadir juga meyakini dengan mengikuti pembacaan Yâsin dan manakib Siti Khadijah ini dilancarakan rezeki dan dilunaskan hutang piutangnya. Secara Qur’ani pembacaan surah Yâsin sebelum membaca manakib Siti Khadijah merupakan kegiatan yang bernilai ibadah, karena dalam kegiatannya dilakukan untuk membaca al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:58
Last Modified: 22 Dec 2022 06:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21317

Actions (login required)

View Item View Item