EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penghasilan dari Penggunaan Aplikasi Snack Video

Bakri, Muhammad Safi’i (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penghasilan dari Penggunaan Aplikasi Snack Video. Skripsi, Syariah.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (803kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Aplikasi Snack Video merupakan aplikasi milik perusahaan bernama Kuaishou Technology asal Beijing China yang didukung oleh perusahaan Tencent Holding sebagai investor. Yang mana aplikasi ini memberikan penghasilan bagi penggunanya dengan menawarkan pendapatan dengan sistem kerja seprti login harian, menonton video, live video, mengundang teman dan menjadi creator. Berdasarkan sistem kerjanya didapat 3 (tiga) akad yang sesuai yaitu akad ju’a>lah, ija>rah dan hadiah. Pada praktiknya masih ada ketentuan dan syarat yang belum terpenuhi sehingga menjadikan transaksi akad tersebut tidak sah atau batal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana sistem kerja mendapatkan penghasilan aplikasi snack video dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penghasilan dari penggunaan aplikasi Snack Video. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui bagaimana sistem kerja mendapatkan penghasilan dari aplikasi snack video serta untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penghasialan dari aplikasi Snack Video. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research), dan bersifat deskriptif analisis. Adapun sumber data primer dalam skripsi ini yaitu buku-buku, jurnal dan skripsi yang berkaitan dengan tinjauan hukum Islam dengan panghasilan dari penggunaan aplikasi snack video yaitu fikih muamalah. Dan sumber data sekunder diperoleh dari web, youtube dan artikel-artikel,dan forumforum umum di internet, yang terkait sistem kerja aplikasi snack video. Berdasarkan hasil penelitian dalam skripsi ini, sistem kerja ditawarkan pada mendapatkan penghasilan aplikasi Snack Video ini ada 5 (lima) yaitu login harian, menonton video, mengundang teman, live video dan menjadi creator. Berdasarkan tinjaukan hukum Islam didapat 3 (tiga) akad yaitu akad ju’a>lah, ija>rah dan hadiah. Namun pada praktiknya sistem kerja Snack Video masih ada ketentuan dan syarat akad tersebut yang belum terpenuhi, membuat transaksi akad tersebut tidak sah atau batal yang terdapat pada menonton video, mengundang teman dan creator rewads, karena masih banyaknya pengguna tidak memenuhi syarat orang yang berakad dan video yang disiarkan merupakan video yang melenggar ketetntuan syariat Islam serta tidak jelasnya upah yang didapatkan pada menonton video dan creator rewards.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:01
Last Modified: 22 Dec 2022 07:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21318

Actions (login required)

View Item View Item