EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembentukan Karakter Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Hulu Sungai Selatan

Nisa, Hairun (2022) Pembentukan Karakter Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (67kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (981kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN NISA.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini yaitu menerapkan berbagai cara dalam pembentukan karakter religius yaitu melalui berbagai bentuk kegiatan keagamaan yang dirutinkan di Madrasah diantaranya tadarus Al-Qur'an dan pembacaan Shalawat Burdah sebelum kegiatan belajar mengajar, sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah dan setiap hari Jumat dikhususkan untuk pembacaan Surah Yasin, dan pengajian agama (kitab gundul) yang dilaksanakan sebulan sekali dan hafalan Juz 'Amma setiap akhir semester bagi siswa Kelas IX. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui mengetahui proses pembentukan karakter religius siswa di MTsN 9 Hulu Sungai Selatan, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter religius siswa di MTsN 9 Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini berjenis lapangan, yaitu penelitian yang berterjun langsung kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan data, sedangkan metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu pendekatan penelitian menggunakan observasi wawancara lalu di deskripsikan menggunakan kata. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa 1) Proses pembentukan karakter religius siswaDi MTsN 9 Hulu Sungai Selatan beberapa kegiatan yang dirutinkan dalam pembentukan karakter religius yaitu dengan melalui kegiatan tadarus Al-Qur’an, pembacaan burdah, pembacaan yasin, shalat dhuha berjamaah, shalat dhuhur berjamaah, pengajian agama, dan setoran juz ‘amma. Kegiatan yang diprogramkan di MTsN 9 Hulu Sungai Selatan ini sudah efektif karena kegiatan yang sudah diprogramkan di madrasah semua siswa diwajibkan untuk mengikutinya. Selain itu MTsN 9 Hulu Sungai Selatan ini pembentukan karakter religius dinilai sangat efektif daripada sekolah yang lain karena madrasah ini benar-benar menerapkan apa yang telah direncanakan, selain itu adanya kegiatan pengajian agama yang digunakan sebagai pendukung dalam pembentukan karakter pada siswa.2) Dalam proses pembentukan karakter juga tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat diantaranya: Pengawasan dari guru, Kemauan dari siswa, Sarana dan prasarana dan Pengaruh dari lingkungan sekitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:36
Last Modified: 23 Dec 2022 02:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21330

Actions (login required)

View Item View Item