EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendapat Ulama Kabupaten Tapin Terhadap Praktik Jual Beli Ikan (Studi Kasus di Desa Buas-Buas Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin)

Kusuma, Mahdi Andi (2022) Pendapat Ulama Kabupaten Tapin Terhadap Praktik Jual Beli Ikan (Studi Kasus di Desa Buas-Buas Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin). Skripsi, Syariah.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (116kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mayoritas masyarakat di Desa BuasBuas Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin sebagai pencari ikan. Dimana praktik jual beli ikan yaitu dengan cara pembelantik (pembeli) memberi harga kepada penjual (pencari ikan) dengan harga yang terlalu rendah, sangat berbeda dengan harga dipasaran oleh pembelantik sesuai dengan harga musiman, sehingga walau harga ikan tinggi di pasaran tetapi jika musim ikan maka ikan yang jual akan tetap diberi harga rendah dikarenakan sedang musim ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui pendapat ulama Kabupaten Tapin terhadap praktik jual beli ikan di Desa Buas-Buas Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin dan untuk mengetahui dasar hukum pendapat ulama Kabupaten Tapin terhadap praktik jual beli ikan di Desa Buas-buas Kecamatan Candi Laras Utara Kabupatan Tapin. Metode penelitian yang digunakan adalah hukum empiris atau dengan istilah lain disebut penelitian hukum sosiologis. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis adalah pertama, praktik jual beli ikan yang diterapkan di Desa Buas-Buas dibagi kedalam dua pendapat dimana 2 ulama yang telah diwawancarai berpendapat bahwa transaksi tersebut sah, karena larangan tidak kembali pada akad itu sendiri dan tidak pula kembali kepada sifat yang melekat pada pada hal itu, sehingga larangan tadi tidak bermakna bahwa jual beli tersebut rusak, tidak sah. 5 ulama yang di wawancarai berpendapat bahwa transaksi tersebut rusak, tidak sah. Karena larangan secara mutlak menunjukkan tidak sahnya transaksi tersebut. Kedua, Dasar hukum pendapat ulama Kabupaten Tapin terhadap praktik jual beli ikan di Desa Buasbuas Kecamatan Candi Laras Utara Kabupatan Tapin yaitu, transaksi tersebut sah, karena larangan tidak kembali pada akad itu sendiri dan tidak pula kembali kepada sifat yang melekat pada pada hal itu, sehingga larangan tadi tidak bermakna bahwa jual beli tersebut rusak, tidak sah dimana 2 ulama berpendapat serupa dengan dasar hukum QS. An-Nisa/4: 29, QS. Al-Baqarah/2:185, dan ijma. Sedangkan 5 ulama sependapat bahwa transaksi tersebut rusak, tidak sah. Karena larangan secara mutlak menunjukkan tidak sahnya transaksi tersebut, dengan dasar hukum QS. An-Nisa/4: 29 dan hadis. Illat (alasan) dilarangnya hal tersebut adalah untuk kemaslahatan penjual dan menghindarinya dari kerugian, dimana jual beli tersebut masuk kedalam talaqi rukban yang secara mutlak dan hukum aslinya adalah tidak diperbolehkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:06
Last Modified: 28 Dec 2022 02:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21363

Actions (login required)

View Item View Item