EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Sistem Informasi Manajemen di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotawaringin Timur

Husna, Rabiatul (2022) Sistem Informasi Manajemen di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotawaringin Timur. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. Pernyataan Keaslian Tulisan(1).pdf

Download (192kB)
[img] Text
2. Awal Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Abstrak Skripsi.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (142kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Latar belakang pada penelitian ini yaitu sistem informasi manajemen bagi madrasah menyangkut pelaksanaan dan pemanfaatan untuk kepentingan dalam bentuk pengelolaan yang terpadu. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Kotawaringin Timur telah menerapkan sistem informasi manajemen untuk memenuhi kebutuhan yang menginginkan layanan pendidikan berkualitas. Hal itu perlu adanya pengembangan berkelanjutan pada sistem informasi manajemen. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem informasi manajemen yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Kotawaringin Timur dengan langkah pengumpulan data, pengolahan data dan penginputan data serta faktor pendukung dan penghambat proses penerapan sistem informasi manjemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menjadikan staf tata usaha dan guru sebagai responden dan kepala madrasah sebagai informan dalam memperoleh data. Analisis data dalam penelitian ini adalah redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahapan dalam penelitian ini adalah tahap pendahuluan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem informasi manajemen di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Kotawaringin Timur sudah dikembangkan melalui beberapa sistem informasi manajemen yaitu website, RDM, EMIS, SIMPATIKA, dan ANBK yang dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan. Faktor pendukung proses sistem informasi manajemen di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu, sarana dan prasarana yang menunjang pengelolaan sistem informasi manajemen, tersedianya tim operasional dan adanya pembelajaran TIK. Faktor penghambat proses sistem informasi manajemen yaitu, guru kesulitan menerapkan sistem informasi manajemen, error pada sistem aplikasi dan penambahan unit data dari Kementerian Agama pusat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:32
Last Modified: 02 Jan 2023 01:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21431

Actions (login required)

View Item View Item