EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Peran dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Logis Matematis Anak Kelas III MIN 3 Kota Banjarmasin

Fahriana, Riska (2022) Pengaruh Peran dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Logis Matematis Anak Kelas III MIN 3 Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (421kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (593kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (598kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (737kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (204kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Pendidikan terdampak akibat pandemi Covid-19, sehingga proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah dan terdapat permasalahan dalam pembelajaran seperti penurunan kualitas peserta didik dan orang tua yang terkendala dalam mendampingi anak. Terlebih anak usia operasional konkret yang kesulitan memahami pelajaran matematika yang bersifat abstrak dan memerlukan kecerdasan logis matematis. Di sinilah dapat dilihat bagaimana peran dan pola asuh orang tua yang tidak hanya dikhususkan pada saat pandemi saja melainkan pada kondisi yang berjalan normal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kecerdasan logis matematis anak kelas III MIN 3 Kota Banjarmasin, mengetahui peran dan pola asuh orang tua kelas III MIN 3 Kota Banjarmasin., dan mengetahui pengaruh peran dan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan logis matematis anak kelas III MIN 3 Kota Banjarmasin. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode expost facto. Populasi 456 orang tua dan peserta didik MIN 3 Kota Banjarmasin. Sampel penelitian berjumlah 83 orang tua dan peserta didik kelas III MIN 3 Kota Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kecerdasan logis matematis pada kategori baik 42%. Peran orang tua berada pada kategori sangat baik 49%, peran orang tua yang paling dominan adalah sebagai motivator. Pola asuh orang tua berada pada kategori baik 35% dengan pola asuh yang paling kuat mempengaruhi adalah pola asuh demokratis. Selain itu, terdapat pengaruh peran dan pola asuh yang signifikan sebesar 0,001 terhadap kecerdasan logis matematis anak kelas III MIN 3 Kota Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:31
Last Modified: 04 Jan 2023 03:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21467

Actions (login required)

View Item View Item