EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

فعالية استخدام وسيلة الرسوم المتحركة في تعليم الكلام لدى طلبة الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى بنجر كاليمنتان الجنوبية "Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi terhadap pembelajaran kalam pada Siswa Kelas VIII MTsN 1 Banjar"

Wulansari, Herida (2022) فعالية استخدام وسيلة الرسوم المتحركة في تعليم الكلام لدى طلبة الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى بنجر كاليمنتان الجنوبية "Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi terhadap pembelajaran kalam pada Siswa Kelas VIII MTsN 1 Banjar". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Berbicara merupakan aktifitas berbahasa yang sangat penting terutama untuk kebutuhan komunikasi. Dalam proses pembelajaran maharah kalam tentunya diperlukan suatu media untuk membantu guru. Media merupakan alat atau saran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media video animasi untuk membantu guru dalam mengajarkan maharah kalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media video animasi efektif dalam pembelajaran maharah kalam siswa Kelas VIII di MTsN 1 Banjar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan media video animasi terhadap pembelajaran kalam siswa kelas VIII di MTsN 1 Banjar. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dan peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Hasil belajar dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara kelas eksperimen dengan menggunakan media video animasi. Dari data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media video animasi dalam pembelajaran berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Banjar efektif daripada pembelajaran berbicara dengan menggunakan media konvensional. Hal tersebut dapat dilihat nilai signifikansi 0.00 yang mana lebih kecil dari 0.05 (sig<0.05) yang mana menandakan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho. Dapat dilihat juga dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Untuk rerata kelas eksperimen (kelas yang diajar menggunakan media video animasi) saat pre-test yaitu 48.75 dan saat post-test diperoleh rerata sebesar 75.44, yang mana menunjukkan peningkatan kurang lebih sebesar 30, sedangkan untuk ط kelas kontrol (kelas yang tidak diajar menggunakan media video animasi) saat pretest diperoleh rerata sebesar 52.63 dan 70.66 saat post-tset, yang mana hanya menunjukkan peningkatan sebesar 20.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Jan 2023 12:03
Last Modified: 13 Jan 2023 12:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21614

Actions (login required)

View Item View Item