EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Discovery Learning Bermuatan Kearifan Lokal Materi Elastisitas

Wijayanti, Kusuma Dewi (2022) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Discovery Learning Bermuatan Kearifan Lokal Materi Elastisitas. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (439kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (524kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (95kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran dan terbatasnya fasilitas dalam menunjang pembelajaran fisika menjadi hambatan dalam proses pemahaman pembelajaran. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan peserta didik dan guru MA Raudhatusysyubban. Perlu adanya model pembelajaran yang sesuai dalam mendorong peserta didik untuk aktif. Model Discovery Learning adalah model pembelajaran yang sesuai dalam meningkatkan keaktifan peserta didik. Bahan Ajar E-modul interaktif dirancang dengan menarik sehingga dalam kegiatan pembelajaran peserta didik menjadi lebih menyenangkan serta dapat memfasilitasi peserta didik dari keterbatasan sarana. E-modul ini dirancang dengan kearifan lokal yang sering ditemui oleh peserta didik sehingga dapat meningkatkan pemahaman karena peserta didik sudah mengalami sendiri tentang pengalaman itu dan dibantu guru dalam mengelola pengetahuan itu hingga sampai pada konsep yang sebenarnya. Berdasarkan pemaparan peneliti melakukan pengembangan bahan ajar berupa e-modul interaktif yang berbasis discovery learning dan bermuatan kearifan lokal. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan e-modul interaktif berbasis discovery learning bermuatan kearifan lokal materi elastisitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D dengan model ADDIE yang terdiri atas lima langkah yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas XI MIA MA Raudhatusysyubban sebanyak 21 orang. Hasil validasi e-modul interaktif berbasis discovery learning bermuatan kearifan lokal materi elastisitas mendapatkan nilai persentase 80% untuk uji materi produk dan 78% untuk uji media produk. Kriteria dari kedua nilai persentase tersebut adalah layak. Hasil uji kepraktisan oleh peserta didik mendapatkan nilai persentase sebesar 81% dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Jan 2023 23:49
Last Modified: 17 Jan 2023 23:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21696

Actions (login required)

View Item View Item