EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

نمط الإشراف لترقية كفاءة مهنية مدرسي اللغة العربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية باريتو كوالا كاليمنتان الجنوبية "Pola Pendampingan untuk Meningkatkan Kompetensi Professional Guru Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Barito Kuala Kalimantan Selatan"

Mahmudah, Mahmudah (2023) نمط الإشراف لترقية كفاءة مهنية مدرسي اللغة العربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية باريتو كوالا كاليمنتان الجنوبية "Pola Pendampingan untuk Meningkatkan Kompetensi Professional Guru Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Barito Kuala Kalimantan Selatan". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (193kB)

ABSTRAK

Keprofesionalan seorang guru sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Keprofesionalan guru sangat diperlukan untuk terciptanya pembelajaran bahasa Arab yang efektif di kelas. Guru harus selalu berinovasi menyesuaikan dengan karakter peserta didik serta perkembangan tren pembelajaran saat ini agar terciptanya pembelajaran yang efektif di dalam kelas. Namun masih banyak guru yang belum melakukan inovasi untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Beberapa sekolah di Barito Kuala mendapatkan data positif dalam peningkatan kompetensi profesional guru dengan cara pendampingan yang intensif kepada guru. Oleh karena itu, peneliti ingin mengupas model pendampingan seperti apa yang dilaksanakan di sekolah tersebut sehingga kompetensi guru mengalami peningkatan dan pembelajaran terlaksana dengan efektif sesuai dengan tren pendidikan sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pendampingan peningkatkan kompetensi profesional guru bahasa Arab yang dilaksanakan di sekolah Madrasah Tsanawiyah di Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yakni pendekatan untuk memahami atau mempelajari pengalaman hidup manusia secara mendalam dan diperolehnya esensi dari pengalaman hidup partisipan pada suatu fenomena. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis peneliti menyatakan bahwa pendampingan menggunakan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari pola pendampingan guru ini yaitu adanya keterlibatan teknologi, kolaborasi, evaluasi dan refleksi. Adapun pola pendampingannya guru diberikan konten YouTube yang relevan dengan tujuan dan materi pembelajaran, guru mendesain pembelajaran dan ditinjau oleh fasilitator, guru menerapkan desain pembelajaran di kelas dengan pendampingan fasilitator, kemudian dilakukan evaluasi dan refleksi dari pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Jan 2023 00:13
Last Modified: 24 Jan 2023 01:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21750

Actions (login required)

View Item View Item