EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Booklet Pemanfaatan Tumbuhan Obat di Desa Mudalang Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu

Emil, Nur (2023) Pengembangan Booklet Pemanfaatan Tumbuhan Obat di Desa Mudalang Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (765kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (804kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (467kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Desa Mudalang Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu merupakan salah satu memiliki tradisi atau kepercayaan dilakukan secara turun temurun yaitu memanfaatkan tumbuhan sebagai obat. sehingga untuk mengetahui tumbuhan apa saja yang digunakan dan apa saja khasiatnya maka adanya penelitian di desa tersebut. Kemudian hasil dari penelitian tersebut akan dikembangkan sebuah produk yaitu berupa booklet. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan tumbuhan apa saja yang dimanfaatkan sebagai obat oleh masyarakat Desa Mudalang, dan (2) Untuk mendeskripsikan khasiat tumbuhan obat di Masyarakat Desa Mudalang, dan (3) Untuk mendeskripsikan validitas booklet yang dikembangkan tentang pemanfaatan tumbuhan obat di Desa Mudalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Reseach and Develoment (R&D), dengan model pengembangan ADDIE berbasis penelitian lapangan (field reseacrh. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. (1) Hasil penelitian bahwa ditemukan 23 jenis tumbuhan obat yakni belimbing wuluh, kersen, pegagan, cocor bebek, daun pacar/inai, jambu biji, jarong, jeruk nipis, kelapa, pepaya, karamunting, jeruju, lidah buaya, benalu Kersen, nipah, kunyit, kunyit putih, pare, pala, sirsak, serai, sirih dan putri malu. (2) Beberapa khasiat dari 23 jenis tumbuhan obat di Desa Mudalang yakni seperti mengobati diabetes, tekanan darah tinggi, kolestrol, maag, menjaga daya tahan tubuh. (3) Hasil uji validitas booklet oleh ahli pakar yang dikembangkan menghasilkan persentase media 72, 37% (valid dan layak digunakan dengan revisi kecil), persentase materi 82,15% (valid dan layak digunakan dengan revisi kecil), dan bahasa memiliki persentase 71,43% (valid dan layak digunakan dengan revisi kecil).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 20 Jan 2023 00:52
Last Modified: 20 Jan 2023 00:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21772

Actions (login required)

View Item View Item