EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Pelayanan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Asyari, Muhammad (2022) Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Pelayanan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perpustakaan yang baik, yaitu perpustakaan yang dapat memberikan layanan yang sesuai kebutuhan dan keinginan pemustaka. Sedangkan layanan yang baik dapat dilihat dari kepuasan pemustaka. Penilaian baik pemustaka terhadap layanan perpustakaan akan membuat pemustaka akan kembali berkunjung ke perpustakaan dan kembali menggunakan layanan perpustakaan tersebut Pustakawan memiliki peran penting dalam meningkatkan layanan pemustaka karena pustakawan berinteraksi langsung dengan pemustaka saat mencari informasi, sehingga pustakawan mengetahui apa masalah yang dihadapi oleh pemustaka disaat menggunakkan layanan perpustakaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Pelayanan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Untuk mengetahui Kendala Pustakawan dalam Meningkatkan Pelayanan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian kualitatif yang bersifat melaporkan temuan dari subjek dan objek yang diteliti dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan simpulan atau verifikasi. Peran Pustakawan dalam meningkatkan pelayanan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah sudah cukup baik, meliputi Perannya sebagai edukator/pendidik yaitu dengan memberikan pembimbingan dalam hal pemanfaatan sarana prasarana di perpustakaan, sebagai manajer informasi yaitu dengan mengatur koleksi yang banyak diminati, sebagai administrator yaitu dengan memberikan beragam koleksi yang tersedia, sebagai supervisor yaitu dengan mengembangkan perpustakaan agar sesuai dengan kebutuhan informasi yang di inginkan oleh pemustaka , serta sikap pustakawan dalam melayani pemustaka yang sudah cukup baik. Kendala yang dihadapi pustakawan dalam meningkatkan pelayanan yaitu kurangnya sumber daya manusia (SDM), anggaran dana yang terbatas, ruangan yang masih terbatas, gedung yang masih dikasih pinjam pemerintah tidak sepenuhnya milik perpustakaan dan listrik yang terbatas ketika kebanyakan yang memakai mati dengan sendirinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 20 Jan 2023 05:54
Last Modified: 20 Jan 2023 05:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21808

Actions (login required)

View Item View Item