EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Masyarakat Suku Dayak Ma’anyan Muslim di Kabupaten Barito Selatan (Studi Keberagamaan, Transmisi dan Internalisasi Ajaran Islam)

Mulyani, Seri (2022) Masyarakat Suku Dayak Ma’anyan Muslim di Kabupaten Barito Selatan (Studi Keberagamaan, Transmisi dan Internalisasi Ajaran Islam). Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (92kB)

ABSTRAK

Latar belakang memilih tema Keberagamaan Transmisi dan Internalisasi Ajaran Islam pada Orang Dayak Ma’anyan Muslim, karena etnis Dayak Maanyan ini memiliki keunikan dalam menjalankan ajaran Islam, selain cara mereka dalam menjalankan ajaran agama Islam yang sebagian masih terpengaruh oleh kultur budaya agama kaharingan namun juga tetap mempertahankan keyakinan yang telah mereka yakini sekarang ini yaitu agama Islam. Oleh karena itu penting menjadi kajian sebagai “pembelajaran dan pemaknaan“ akan proses penghayatan nilai-nilai ajaran Islam pada suku Dayak Ma’anyan Muslim. Pokok-pokok permasalahan, yaitu pertama, Keberagamaan yang memerlukan kemurnian dalam menjalankannya Kedua, mewariskan ajaran agama Islam Pada Suku Dayak Ma’anyan. Ketiga, Menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam pada suku Dayak Ma’anyan. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan Penomenologi. Hasil Temuan: Pertama, keberagamaan yag dijalankan oleh suku Dayak Ma’anyan masih bercampur dengan kultur budaya agama dahulu namun demikian mereka tetap menjalankan ajaran agama Islam yang telah mereka yakini. Kedua, proses pewarisan ajaran agama Islam dilakukan dengan cara ngami nasehat/nganyu petitih, (pemberian nasehat) ngajar/nganyu petatah, (pemberian bimbingan)strategi yang dilakukan untuk ngajar/nganyu petatah (pemberian bimbingan) dengan ngamen (perhatian), tuli (bermain), nahukum/upa (hukuman), patuhen (pembiasaan), nganyu suntuh/nganyu conto (memberi teladan)hal ini mereka lakukan didalam lingkungan kula warga (lingkungan keluarga) lingkungan uneng piajar (lingkungan sekolah) dan lingkungan ulun tumpuk (lingkungan masyarakat). Ketiga, Penanaman nilai-nilai ajaran agama Islam dilakukan dengan berbagai macam cara seperti memasukan anak di Pasraman, (Sekolah agama Islam) segala usaha yang dilakukan oleh suku Dayak Ma’anyan adalah untuk menjadikan anak yang Saputra Saputri (anak berakhlak mulia), anak yang bahadat (anak yang memiliki sopan santun), serta anak yang taat dalam menjalankan Basarah (taat dalam menjalankan ibadah) sehingga tercapai kebahagian dunia dan akhirat.

Item Type: Disertasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 24 Jan 2023 00:10
Last Modified: 24 Jan 2023 00:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21856

Actions (login required)

View Item View Item