EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Rohani Islam di Majelis Ta’lim Jawahirul Ma’ani ALBanjari Kecamatan Rantau Badauh.

Maisyarah, Maisyarah (2023) Pembinaan Rohani Islam di Majelis Ta’lim Jawahirul Ma’ani ALBanjari Kecamatan Rantau Badauh. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB II MAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III MAI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV MAI.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MAI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN MAI.pdf

Download (466kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembinaan rohani Islam itu adalah pembaruan, penyempurnaan, usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Menurut Maolani pembinaan didefinisikan sebagai upaya pendidikan baik yang dilaksanakan secara sadar, berencana, terarah dan bertanggung jawab dalam rangka menumbuhkan, membimbing dan mengembangkan dasar-dasar keperibadian yang seimbang, utuh dan selaras pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bakat serta kemampuannya. Sebagai bekal untuk selanjutnya atas sendiri untuk menambah, meningkatkan dan mengembangkan dirinya, sesamanya maupun lingkungannya ke arah tercapainya martabat, mutu, optimal dan menjadi pribadi yang mandiri. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pembinaan Rohani Islam di Majlis Ta’lim Jawahirul Ma’ani Al-Banjari Kecamatan Rantau Badauh dan Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pembinaan Rohani Islam di Majlis Ta’lim Jawahirul Ma’ani Al-Banjari Kecamatan Rantau Badauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penulis melakukan observasi untuk menggali data yang terkait dengan pembinaan rohani Islam di majelis ta’lim Jawahirul ma’ani al- Banjari Kecamatan Rantau Badauh. Penulis juga melakukan wawancara dengan beberapa guru, jamaah dan sebagian masyarakat yang mengikuti pembinaan rohani Islam di majelis ta’lim Jawahirul ma’ani al- Banjari Kecamatan Rantau Badauh. Hasil penelitian ini adalah pembinaan rohani Islam di majelis ta’lim Jawahirul ma’ani al- Banjari Kecamatan Rantau Badauh sesuai bentuk susunan kegiatan yang ada yaitu pembacaan tahlil dan yasin, sholat magrib berjamaah, pembacaan maulid dengan tarbang, sholat isya berjamaah dan terakhir yaitu Pembinaan rohani Islam dengan materi ceramah Agama yang membuat hati, jiwa, rohani dan pikiran jamaah menjadi tenang semakin kuat ibadahnya kepada Allah SWT. Dan ada juga dari Majelis talim yang menyediakan air dan telur penerang hati yang sudah dibacakan langsung oleh guru, manfaat sebagai terapi kerohanian, jiwa dan pikiran menjadi lebih tenang dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Hasil dari penjualan air sama telur itu tadi untuk pembagunan Majelis ta’lim. Karena waktu sudah lumayan lama dalam kegiatan tersebut maka sesi Tanya jawab kepada pembimbing atau guru dengan jamaah tidak ditiadakan, tetapi diluar kegiatan di Majelis ta’lim ini beliau mempersilahkan kepada jamaah atau masyarakat yang ingin bertanya masalah pribadi mereka langsung kerumah beliau dengan ajaran syariat Islam Al- Quran dan Hadis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Jan 2023 09:36
Last Modified: 24 Jan 2023 09:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21859

Actions (login required)

View Item View Item