EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Pembelajaran PAI Sistem Daring pada Masa Covid-19 di SMPN 4 Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara

Azalia, Sarah (2022) Problematika Pembelajaran PAI Sistem Daring pada Masa Covid-19 di SMPN 4 Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (995kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI 2022.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI 2022.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI 2022.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI 2022.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Covid-19 menimbulkan kendala bagi pelaksanaan pendidikan. Penyebaran covid-19 ini mulanya berdampak pada bidang ekonomi yang mulai menurun dan akhirnya meluas ke dunia pendidikan. Beberapa tingkat pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan perguruan tinggi tidak lagi melaksanakan pembelajaran secara tatap muka karena dilarang berkerumun. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah atau memutus mata rantai penyebaran covid-19, akan tetapi pembelajaran tetap dilaksanakan secara online atau daring. Beberapa fakta dilapangan ada keluhan peserta didik dan juga menjadi keluhan orang tua peserta didik. Misalnya, peserta didik tidak paham dengan materi pelajaran sehingga tidak dapat menjawab tugas yang diberikan, begitu juga dengan keluhan orang tua peserta didik mereka tidak dapat membantu anak dalam menyelesaikan tugas sekolahnya karena alasan tertentu. Masalah-masalah seperti ini muncul pada pembelajaran sistem daring dan pembelajaran daring ini dilaksanakan karena adanya covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI sistem daring pada masa covid-19 di SMPN 4 Amuntai dengan rumusan masalah yang meliputi pengertian pembelajaran PAI dan problematika pembelajaran PAI, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi PAI, pembelajaran daring dan macam-macam aplikasinya, problematika pembelajaran PAI sistem daring pada masa covid-19. Jenis penelitian ini bersifat lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Data yang digali tentang problematika perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi PAI sistem daring pada masa covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Kemudian data di analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat problematika pada pembelajaran PAI sistem daring yaitu terbatasnya penggunaan aplikasi dan metode yang digunakan, tidak ada kegiatan pendahuluan dan penutup pada langkah-langkah pembelajaran, dan tidak terdapat penilaian praktik dan nilai sikap yang dilakukan dengan observasi, penilaian diri, dan penilaian antar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 27 Jan 2023 05:04
Last Modified: 27 Jan 2023 05:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21945

Actions (login required)

View Item View Item