EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Materi Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Jenjang SMA (Dalam Perspektif BNSP)

Yatna, Hendri (2020) Analisis Materi Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Jenjang SMA (Dalam Perspektif BNSP). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (511kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Tujuan analisis materi ajar pada mata pelajaran Pendidian Agama Islam dan Budi Pekerti SMA kelas X kurikulum 2013 terbitan KEMENDIKBUD adalah untuk mengetahui kshahihan materi ajar mata pelajaran PAI pada Jenjang SMA .Analisis ini dilatarbelakangi karena banyak sekali buku-buku pelajaran yang dijual di pasaran dan sangat mudah untuk ditemukan. Banyaknya buku yang beredar tidak menutup kemungkinan beragam pula buku yang beredar baik dari segi pengemasan, isi dan penyajian materi. Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang digunakan oleh pendidik serta peserta didik kelas X SMA. Dalam penelitian ini, pedoman dokumentasi yang digunakan berdasarkan dimensi spiritual, dimensi sosial, dimensi pengetahuan dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik skoring. Teknik ini dilakukan dengan memberi tanda check list pada lembar penskoran sesuai kriteria penilaian. Adapun teknik analisis data berikutnya adalah menghitung persentase skor dari setiap aspek yang dinilai. Hasil analisis pada materi atau isi buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA kelas X kurikulum 2013 terbitan KEMENDIKBUD adalah sebagai berikut: (1) kebenaran Materi pada dimensi spiritual dan manfaat materi ajar bagi siswa adalah sebesar pada kategori sangat baik. (2) Kebenaran materi pada dimensi Sosial dan manfaat materi ajar bagi siswa adalah sebesar pada kategori sangat baik. (3 Kebenaran Materi pada dimensi pengetahuan dan manfaat materi ajar bagi siswa pada kategori sangat baik. (4) Kebenaran Materi pada dimensi keterampilan dan manfaat materi ajar bagi siswa adalah sebesar atau pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:55
Last Modified: 30 Jan 2023 03:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21966

Actions (login required)

View Item View Item