EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Persepsi Nasabah Bank Konvensional di Banjarmasin Terhadap Bank Syariah

Hamdi, Muhammad Rafii (2023) Persepsi Nasabah Bank Konvensional di Banjarmasin Terhadap Bank Syariah. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (574kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN(daftar riwayat hidup dan lampiran lainnya).pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Bank Syariah merupakan lembaga keuangan alternatif bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim agar dapat terhindar dari bunga atau riba, namun kenyataannya kehadiran bank Syariah justru masih dipandang sebelah mata bahkan masih banyak yang menganggap bank Syariah sama dengan bank konvensional. Penulis tertarik untuk meneliti persepsi nasabah bank konvensional terhadap bank Syariah. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi nasabah bank konvensional (bank BRI dan Mandiri) di Banjarmasin terhadap bank Syariah serta mengetahui alasan informan memilih menjadi nasabah bank konvensional daripada bank Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang didapat dalam penelitian ini merupakan hasil wawancara dari 10 informan nasabah bank konvensional (bank BRI dan Mandiri) di Banjarmasin terhadap bank Syariah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 10 informan nasabah bank konvensional (bank BRI dan Mandiri) masih kurang baik memahami bank Syariah. Persepsi nasabah bank konvensional (bank BRI dan Mandiri) terhadap bank Syariah terbagi menjadi 3 variasi persepsi yaitu: (1) bank yang berdasarkan hukum Islam, (2) tidak mengerti dan (3) bank Syariah sama dengan bank konvensional. Berdasarkan analisis Penulis bahwa persepsi yang dikemukakan informan dapat diklasifikasikan menjadi 4 persepsi yaitu persepsi kemudahan, kepercayaan, manfaat dan resiko. Selain itu persepsi yang dikemukakan informan tersebut dipengaruhi oleh faktor menduga-duga, alasan atau sebab, suatu hal yang baru, dan situasi pekerjaan. Alasan informan memilih bank konvensional (bank BRI dan Mandiri) terbagi menjadi 4 variasi yaitu: (1) terbiasa menggunakan bank konvensional, (2) lokasi, (3) pelayanan dan akses bank konvensional mudah, dan (4) pekerjaan. Alasan tersebut muncul karena dipengaruhi oleh faktor internal informan itu sendiri, yaitu persepsi, sebagaimana diketahui persepsi nasabah bank konvensional (bank BRI dan Mandiri) masih kurang baik memahami bank Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 30 Jan 2023 10:37
Last Modified: 30 Jan 2023 10:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21975

Actions (login required)

View Item View Item