EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Penerapan Akad Murabahah Pada Pembiayaan Griya Take Over di PT. Bank BSI Kantor Cabang Banjarbaru

Fatimah, Siti (2023) Analisis Penerapan Akad Murabahah Pada Pembiayaan Griya Take Over di PT. Bank BSI Kantor Cabang Banjarbaru. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (748kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan purposive samplies yaitu Finacing Maneger dan Marketing Manger. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan Finacing Manager dan Marketing Maneger, BSI Kantor Cabang Banjarbaru, mengamati proses pembuatan akad take over lalu data diambil dari Surat Persetujuan Pemberian Pembiayaan. Bank BSI ditunjukan pemerintah sebagai satu-satunya institusi perbankan syariah milik negara (BUMN) yang menyalurkan praktik pembiayaan take over. BSI baru saja terbentuk sehingga operasionalisasinya menjadi hal yang perlu di perhatikan mengingat beberapa nasabah masih belum familiar terhadap bank tersebut bahkan ketidaktahuan nasabah terhadap akad pembiayaan yang digunakan dalam pengalihan hutang (take over) akibat bentuk merger tiga bank syariah ( bank mandiri syariah, bank bni syariah, dan bri syariah) menjadi satu bank yaitu bank syariah Indonesia (BSI). Berdasarkan hasil penelitian dibank BSI Kantor Cabang Banjarbaru yaitu bahwa proses penerapan akad yang dilaksanakan dengan (1) Nasabah melakukan pengajuan kepada bank BSI Banjarbaru Bank memberikan fasilitas pinjaman qard kepada nasabah untuk melunasi hutangnya di bank konvensioanal (2) Besarnya pinjaman qard yang diberikan sebesar sisa out standing nasabah di bank konvensional (3) Dengan adanya pelunasan hutang tersebut maka aset yang dibiayai menjadi aset nasabah (4) Selanjutnya nasabah menjual aset tersebut kepada bank BSI Banjarbaru untuk melunasi pinjaman qard yang telah diberikan (5) Kemudian bank bsi menjual aset tersebut kepada nasabah berdasarkan prinsip murabahah (6) Akad murabahah atas jual beli tersebut akan dibuatkan dalam akad sendiri. Faktor-faktor yang menyebabkan take over Keinginan nasabah untuk melakukan transaksi sesuai dengan prinsip syariah. Untuk mendapatkan fresh money atau dana segara. Pembayaran angsuran dengan sistem fix adalah tetap . Perbedaan margin dari bank syaraaiah. Pemebri plafon yang rendah oleh bank konvensional. Adanya hubungan emosional anatara nasabah dengan marketing suatu bank.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Feb 2023 00:12
Last Modified: 01 Feb 2023 00:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21979

Actions (login required)

View Item View Item