EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Manajemen Dakwah pada Masyarakat di Desa Pemurus Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar

Marfuah, Siti (2023) Problematika Manajemen Dakwah pada Masyarakat di Desa Pemurus Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Skripsi ini disusun berdasarkan pada Problematika yang terjadi pada masyarakat di Desa Pemurus Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Terkait problematika manajemen dakwah jika problematika di desa Pemurus dibiarkan begitu saja, maka hal inilah yang akan menjadi masalah bagi masyarakat di desa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika manajemen dakwah pada masyarakat di Desa Pemurus Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendukung dan penghambat dakwah yang dihadapi oleh Da’i dan Mad’u pada masyarakat di Desa Pemurus Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar serta mengetahui bagaimana Da’i dalam mengatasi problematika manajemen dakwah pada masyarakat di Desa Pemurus Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang terjun langsung ke lapangan dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari staf BPD kantor desa Pemurus, Da’i, Jemaah majelis taklim, dan objeknya terkait dengan problematika manajemen dakwah pada masyarakat di desa Pemurus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan penjabaran data deskriptif pengambilan dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan fungsi manajemen pada majelis taklim adalah dengan tersusunnya jadwal majelis taklim yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat desa pemurus dan sekitarnya sehingga tidak mengganggu waktu pekerjaan masyarakat, pengelolaan keuangan yang cukup baik, materimateri yang disesuaikan dengan kebutuhan Jemaah, tempat yang memadai, fasilitas yang memadai dan Jemaah yang meningkat. Faktor pendukung yang ada di majelis taklim ataupun dakwah pada masyarakat di desa Pemurus ini meliputi kenyamanan lingkungan, fasilitas yang memadai, dan antusias jemaah dan dukungan aparat setempat. Sementara faktor penghambat yang ada di majelis taklim ataupun dakwah pada masyarakat di desa pemurus ini meliputi belum ada tempat parkir dan aula yang masih proses renovasi, faktor alam yang menyebabkan banjir, becek dan jalan licin. Peraln dal’i dallalm mengaltalsi problemaltikal manajemen dalkwalh dengaln calral memalksimallkaln alktif dallalm kegalialtaln pengaljialn rutinaln/maljelis tal’lim. Mengisi penginjialn rutinaln dengaln bergalntialn di setialp per RT dengaln bergilir dirumalh jeemalalh. Pembalcalaln Sholalwalt burdalh daln daln malulid halbsyi setiap seminggu sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Feb 2023 00:29
Last Modified: 02 Feb 2023 00:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22001

Actions (login required)

View Item View Item