EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pandangan Al-Qur’an Tentang Kekerasan Seksual (Analisis Tentang Kisah Al-Qur’an dengan Pendekatan Tematik)

Sofyan, Muhammad (2022) Pandangan Al-Qur’an Tentang Kekerasan Seksual (Analisis Tentang Kisah Al-Qur’an dengan Pendekatan Tematik). Skripsi, Ushuluddin dan Homaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (628kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kekerasan seksual merupakan satu perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah Swt, adapun Al-Qur’an memandang tehadap kekerasan seksual merupakan satu perbuatan yang dilarang bahkan dimurkai oleh Allah, di dalam Al-Quran diuraikan beberapa kasus terkait kekerasan seksual, di mana salah satu korban merupakan Nabi Allah Swt yakni Nabi Yûsuf, adajuga korban merupakan tamu dari Nabi Lûth, adajuga korbannya merupakan budak perempuan yang dipaksa berzina, serta silih bergantinya zaman ke zaman tentu kasus kekerasan seksual masih juga ditemukan. Oleh sebab itu peneliti menjadi tertarik untuk mengkaji lebih dalam terkait pandangan Al-Qur’an tentang kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui tentang pandangan AlQur’an tentang kekerasan seksual, mengetahui penafsiran terhadap Ayat-ayat yang berkaitan dengan kekerasan seksual, dan agar dapat mengetahui pencegahan terhadap kekerasan seksual. Jenis penelitian ini adalah Library Reaserch (penelitian kepustakaan). Adapun metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tafsir maudhû’i. Sedangkan teknik pengolahan data data dalam penelitian ini dengan menelaah serta membaca dan mengumpulkan berbagai informasi tertulis sesuai dengan bahasan penelitian berdasarkan literatur-literatur yang ada. Setelah itu data dikumpulkan dan diolah serta dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan tiga hal, pertama, Al-Qur’an memandang rendah terhadap orang yang melakukan kekerasan seksual, bahkan mereka akan mendapat azab di dunia & di akhirat, kedua, penafsiran ayat-ayat kekerasan seksual, terdapat beberapa surah yang di dalamnya memuat kasus kekerasan seksual, seperti yang termuat dalam Q.S. al-A’râf/7: 80-81, Q.S. Hûd/11: 77-79, Q.S. al-Ankabût/29: 28, 29, dan 33, Q.S. al-Syu’arâ/42: 165-166. Disebutkan bahwa pelaku tersebut adalah kaum Sodom, kaum Nabi Lûth yang suka berbuat keji dan liwâth. Kasus lain Nabi yang tampan, yakni Nabi Yûsuf, kisah tersebut termuat dalam Q.S. Yûsuf/12: 23-29. Dijelaskan bahwa Nabi Yûsuf digoda dan dipaksa untuk melayani istri pembesar Mesir. Ketiga, menurut Q.S. alIsrâ’/17: 32, Q.S. al-Mu’minûn/23: 5-7, Q.S. al-Nûr/24: 30, 31. Implikasi dari kemungkinan terjadinya kekerasan seksual adalah, menjaga pandangan, kemaluan, tidak mendekati zina dan tidak menuyuruh orang lain berzina.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:27
Last Modified: 13 Feb 2023 02:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22147

Actions (login required)

View Item View Item