EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Dukungan Sosial Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca pada Siswa Yang Kesulitan Membaca di SDN 1 Komet Banjarbaru

Aisya, Mahadina (2022) Dukungan Sosial Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca pada Siswa Yang Kesulitan Membaca di SDN 1 Komet Banjarbaru. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
1501451866 - MAHADINA AISYA - SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (90kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pendidikan di era modern amat diperlukan untuk keberlangsungan penerus bangsa yang berkualitas. Dari masyarakat yang berpendidikan terbentuklah penerus yang dapat menjamin kemajuan mutu bangsa. Menyadari betapa pentingnya pendidikan, Sekolah Dasar sebagai pendidikan formal pertama harus serius melengkapi kebutuhan anak untuk memperoleh ilmu. Siswa sekolah dasar harus mempunyai kemampuan membaca yang cukup. Pembelajaran kegiatan membaca tingkat dasar dilakukan kelas 1 dan 2 di sekolah dasar. Kebanyakannya guru mempunyai tugas yang luar biasa. Dengan pemberian dukungan sosial oleh guru, semoga membuat kepercayaan diri siswa meningkat dan mahir pada kegiatan belajar membaca di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran dukungan sosial dan faktor yang menghambat dan mendukung dukungan sosial guru dalam mengembangkan kemampuan membaca pada siswa yang kesulitan membaca di SDN 1 Komet Banjarbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan subjek yakni guru dengan karakteristik memiliki siswa yang kesulitan membaca. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi serta wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data dengan pengumpulan, reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kedua subjek telah memberikan dukungan sosialnya pada siswa yang kesulitan membaca. Untuk dukungan emosional yang telah diberikan dengan menghibur siswa yang kesulitan membaca, menunjukkan sikap sayang menyayangi seperti memeluk siswa yang sedih karena merasa kesulitan dalam membaca. Untuk dukungan penghargaan yang telah diberikan dengan memberikan pujian termasuk perkataan yang baik terhadap siswa yang kesulitan membaca dalam mengembangkan kemampuan membaca. Untuk dukungan instrumental yang telah diberikan dengan memberikan fasilitas dalam mengembangkan kemampuan membaca pada siswa yang kesulitan membaca. Untuk dukungan informatif dengan memberikan informasi, nasehat dan saran dalam mengembangkan kemampuan membaca pada siswa yang kesulitan membaca. Adapun faktor menghambat dukungan sosial adalah sifat seperti tidak mau mendengarkan dan seolah-olah tidak peduli dari siswa tersebut, sedangkan faktor mendukung dukungan sosial adalah adanya rasa empati dan ikut merasakan kesulitan yang dialami siswa oleh guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:36
Last Modified: 13 Feb 2023 05:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22161

Actions (login required)

View Item View Item