EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Asmâ ul-Husnâ terhadap Psychological Well-Being pada Siswa di SMP Negeri 4 Banjarmasin

Pirda, Pirda (2022) Pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Asmâ ul-Husnâ terhadap Psychological Well-Being pada Siswa di SMP Negeri 4 Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN.PIRDA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
AWAL.PIRDA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.PIRDA.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.PIRDA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.PIRDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.PIRDA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.PIRDA.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.PIRDA.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PIRDA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.PIRDA.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Mengetahui, memahami makna dan mengamalkan Al-Asmâ ul-Husnâ merupakan salah satu cara untuk menguatkan dan menumbuhkan keimanan serta pengetahuan tentang Allah SWT. Pengetahuan akan agama serta keyakinan dalam beragama merupakan bagian dari religiositas. Secara teori, individu yang memiliki tingkat religiositas tinggi lebih mampu memaknai kejadian hidupnya secara positif sehingga menjadi lebih bermakna yang kemudian membuat individu dapat merasakan psychological well-being. Dengan memiliki psychological well-being yang tinggi, siswa dapat menyelesaikan tugas-tugas akademis, meraih prestasi akademis dan menjalankan aktivitas belajar dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kebiasaan membaca Al-Asmâ ulHusnâ yang telah bertahun-tahun diterapkan dengan psychological well-being pada siswa di SMP Negeri 4 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan semua siswa kelas 9 yang berjumlah 263 orang dengan sampel sebanyak 135 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kebiasaan membaca AlAsmâ ul-Husnâ pada siswa di SMP Negeri 4 Banjarmasin dengan kategori tinggi sebanyak 97 responden (72%), kategori sedang 38 responden (28%) dan tidak terdapat responden pada kategori rendah. 2) Tingkat psychological well-being pada siswa di SMP Negeri 4 Banjarmasin dengan kategori tinggi sebanyak 87 responden (67%), kategori sedang 48 responden (33%) dan tidak terdapat responden pada kategori rendah. 3) Hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari kebiasaan membaca Al-Asmâ ul-Husnâ terhadap psychological well-being pada siswa SMP Negeri 4 Banjarmasin sebesar 50,4% yang dilihat dari nilai koefisien determinasi atau R square yang menunjukkan hasil 0,504 sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,710, kebiasaan AlAsmâ ul-Husnâ dan psychological well-being berada di kategori yang kuat yang artinya semakin tinggi tingkat kebiasaan membaca Al-Asmâ ul-Husnâ, maka semakin tinggi juga tingkat psychological well-being pada siswa SMP Negeri 4 Banjarmasin, begitupun sebaliknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Feb 2023 00:48
Last Modified: 15 Feb 2023 00:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22179

Actions (login required)

View Item View Item