EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Karakteristik Istri Shalihah Dalam Al-Qur’an (Studi Pemahaman Mahasiswi Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin)

Nafisah, Nahdiatun (2022) Karakteristik Istri Shalihah Dalam Al-Qur’an (Studi Pemahaman Mahasiswi Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (338kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (138kB)

ABSTRAK

Al-Qur’an banyak memuat ayat yang berkaitan dengan seorang istri. Diantaranya adalah konsep istri shalihah. Hal ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an sangat memperhatikan kedudukan seorang istri dalam kehidupan ini bahkan memperkuat jati dirinya dengan memberikan aturan-aturan yang khas baginya. Dengan konsep tersebut para istri diharapkan dapat mengikutinya sehingga dapat mencapai derajat shalihah. Namun permasalahan yang muncul dimasa sekarang, dimana akan mempengaruhi gaya hidup seorang istri dalam menjalankan rumah tangganya. Berubahnya kebiasaan-kebiasaan sehari-hari, canggihnya teknologi sehingga lebih mudah mendapat informasi baik juga informasi Negatif, karena hal tersebut maka Al-Qur’an sebagai pedoman bagi seluruh umat Islam, maka sudah sepatutnya seorang istri shalihah senantiasa menjadikan Al-Qur’an sebagai pegangan dalam hidupnya. Oleh karena hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui pendapat para mahasiswi jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir tentang karakteristik istri yang shalihah dalam Al-Qur’an. (2) untuk mengetahui bagaimana pendapat para mahasiswi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir tentang istri shalihah di masa sekarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menjadi subjek penelitian adalah Mahasiswi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Angkatan 2016 dan 2017. Serta menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Metode observasi yaitu dengan langsung terjun dan melihat di lapangan. Metode interview yaitu dengan melakukan wawancara terhadap beberapa mahasiswi yang menjadi informan penting dalam penelitian ini. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendukung data yang diperoleh selama observasi dan interview (wawancara). Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswi tentang istri shalihah adalah seorang istri wajib melakukan ketaatan kepada Allah SWT, kemudian ketaatan kepada suami tidak bersifat mutlak, berbeda dengan ketaatan kepada Allah. Ketaatan kepada suami harus menyesuaikan dengan kondisivi dan keadaan, perintah yang bersifat akan merugikan sebelah pihak tidak wajib untuk diikuti. Kemudian Ketika seorang istri melakukan pekerjaan diluar rumahnya tidak akan mempengaruhi keshalihahannya selama hal tersebut sudah atas keridhaan suaminya. Dan Ketika seorang istri berada diluar rumah dia mampu menjaga dan memelihara baik pandangannya maupun kehormatannya serta tidak melupakan kewajibannya sebagai seorang istri.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:46
Last Modified: 15 Feb 2023 02:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22191

Actions (login required)

View Item View Item