EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Akses Pembiayaan Bank Kalsel Syariah pada Kegiatan Access Reform di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Paramita, Ayu Indah (2023) Akses Pembiayaan Bank Kalsel Syariah pada Kegiatan Access Reform di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3. AWALAN.pdf

Download (731kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Berbagai upaya pemerintah melalui kebijakan dan program untuk, salah satunya Program Reforma Agraria memiliki kegiatan yang disebut access reform yaitu pemberian kesempatan akses permodalan maupun bantuan lain kepada subjek Reforma Agraria atau pelaku usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan. Pemberian akses permodalan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui kerjasama Lintas Sektor dengan lembaga perbankan syariah untuk menyediakan pembiayaan berbasis syariah sebagai mitra pendamping. Sehingga diharapkan pelaku usaha mampu mengembangkan usahanya dan tetap menjaga prinsip-prinsip syariah. Namun pada saat pendampingan tidak ada salah satupun dari pelaku usaha yang memilih pembiayaan syariah sebagai akses untuk penambahan modal usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap akses pembiayaan syariah pada kegiatan access reform di Kabupaten Hulu Sungai Tengah serta faktor penghambat pembiayaan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat kualitatif dengan analisis deskriptif, sumber data yang didapat melalui Kantor Pertanahan dari Seksi Penataan dan Pemberdayaan Tanah Masyarakat, Bank Kalsel Syariah dan pelaku usaha sebanyak 5 orang dengan teknik pengumpulan data melalui observasi awal, wawancara dan pengumpulan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, penyelenggaraan akses pembiayaan syariah pada kegiatan access reform di Kabupaten Hulu Sungai Tengah telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, menjaga unsur maqasid syariah, dan menggunakan akad syariah sebagai produk pembiayaannya. Kedua, model pembiayaan yang diharapkan pelaku usaha yaitu model pembiayaan untuk keperluan produktif dengan sistem pembayaran setelah panen atau per enam bulan akad yang sesuai dengan pembiayaan ini yaitu menggunakan akad mudarabah dan akad salam paralel dengan menggunakan asuransi sebagai pengcover jika terjadi gagal panen. Ketiga, faktor penghambat pelaku usaha dalam mengakses pembiayaan syariah yaitu pelaku usaha tidak ingin berhubungan dengan bank apapun, dalam pembiayaan hanya menerima barang pinjaman berupa uang, kemudahan prosedur pada lembaga lain, dan pelaku usaha malu melakukan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:08
Last Modified: 28 Feb 2023 01:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22245

Actions (login required)

View Item View Item