EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Penggunaan Media Loose Parts Kelompok B di PAUD Anggun Desa Podok Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar

Norjakiyah, Norjakiyah (2023) Implementasi Penggunaan Media Loose Parts Kelompok B di PAUD Anggun Desa Podok Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (392kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang implementasi penggunaan media Loose parts kelompok B di PAUD Anggun Desa Podok Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar yang mana terdapat keunikan pada media yang digunakan para guru pada saat proses pembelajaran. Media yang digunakan dinamakan dengan media Loose parts, yaitu media yang mana dalam penggunaannya anak dapat memindah, membawa, melepas, membongkar pasang dan dapat disatukan kembali. Adapun bahan-bahan yang digunakan berasal dari lingkungan sekitar, bahan-bahan media Loose parts yang digunakan para guru di PAUD Anggun yaitu ranting, daun, batu-batuan, biji-bijian, stik es krim, sapu lidi, sedotan dan benang/tali yang nampak pada observasi awal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penggunaan media loose parts kelompok B di PAUD Anggun Desa Podok Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu para guru dan peserta didik kelompok B. Sedangkan objek penelitian ini yaitu implementasi penggunaan media loose parts di PAUD Anggun Desa Podok Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data menggunakan osbervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap perencanaan penggunaan media loose parts ada 3 tahap meliputi tujuan dan target pembelajaran, materi yang digunakan dalam pembelajaran yaitu tentang tema sub tema mengikuti buku pedoman dan APE papan tema dan proses guru dalam menyiapkan bahan-bahan media loose parts yaitu ranting, daun, batu-batuan, bijibijan, sedotan, benang/tali, stik eskrim dan sapu lidi. Adapun dalam tahap pelaksanaan terdiri dari 4 tahap meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, recalling dan kegiatan penutup. Adapun dalam tahap evaluasi guru menggunakan teknik penilaian observasi, hasil karya, unjuk kerja dan cheklis menggunan BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang sesuai Harapan) dan BSB (Berkembangan Sangat Baik).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:43
Last Modified: 07 Mar 2023 06:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22298

Actions (login required)

View Item View Item