EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam di PAUD Alam Darunnajah Banjarbaru

Putri, Aulia Azizah (2023) Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam di PAUD Alam Darunnajah Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Dewasa ini orang tua mulai disadarkan dengan pentingnya PAUD dalam rangka menstimulasi aspek perkembangan anak. Pada hakikatnya anak belajar melalui bermain, akan tetapi ekspektasi tidak sesuai dengan realita yang ada. Anak diharuskan bisa membaca, menulis, juga menghitung. Akibatnya, anak menjadi bosan karena yang harusnya bermain di PAUD malah tidak mereka rasakan. PAUD yang seharusnya tempat anak bermain menjadi hilang esensinya dan aspek perkembangan anakpun tidak bisa distimulasi secara maksimal. Dari realita seperti ini, orang tua diharapkan bijak dalam memilih lembaga pendidikan alternatif. Salah satunya adalah pembelajaran yang berlandaskan pada alam. yang mana bisa ditemui pada PAUD Alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam di PAUD Alam Darunnajah Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Kasus dengan pendekatan Kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelas b usia 5-6 tahun serta dua guru kelas. Objek pada penelitian ini tentang bagaimana Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa Implementasi Pembelajaran berbasis Alam di PAUD Alam Darunnajah Banjarbaru terdiri dari tiga hal yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu 1) Kurikulum, 2) CP, 3) Modul Ajar, 4) Penetuan Tema. Pada tahap pelaksanaan dibagi menjadi beberapa tahap yaitu 1) Circle Time, 2) Pelaksanaan, 3) Recalling. Pada tahap Evaluasi kegiatan pembelajaran alam guru pada umumnya melakukan evaluasi dengan ceklis, foto berseri, anekdot, dan hasil karya. Faktor pendukung pada pembelajaran berbasis alam di PAUD Alam darunnajah yaitu terdapat pada bahan alamnya sedangkan faktor penghambat terdapat pada alat yang belum lengkap namun bisa diatasi dengan fasilitas swaday, selain alat waktu dan kondisi cuaca juga menjadi penghambat saat pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Mar 2023 05:49
Last Modified: 15 Mar 2023 05:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22338

Actions (login required)

View Item View Item