EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Profil Tahfiz Al-Qur’an di MTS Al-Irsyad Tengaran 8 Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

Hamdi, M. Zaini (2023) Profil Tahfiz Al-Qur’an di MTS Al-Irsyad Tengaran 8 Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (600kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Tahfiz al-Qur’an pada suatu lembaga/instansi memiliki kaitan erat dengan 5 hal berikut, yakni: kelembagaan, sanad, metode, guru, dan kurikulum. Kelima hal tersebut faktor yang berpengaruh besar terhadap perkembangan tahfiz al-Qur’an. MTS Al-Irsyad Tengaran 8 Martapura adalah salah satu dari sekian banyak instansi pendidikan Islam yang berada di Kalimantan Selatan yang memiliki program khusus tahfiz al-Qur’an. Mereka memiliki metode dan kurikulum yang berbeda dari mayoritas program tahfiz al-Qur’an pada umumnya. Selain itu, kualifikasi guru dan pandangan mereka mengenai sanad juga berbeda dari yang dipahami oleh kebanyakan masyarakat. Secara kelembagaan, mereka secara jelas terjaring dengan organisasi Al-Irsyad yang menempatkan nama organisasi tersebut pada nama madrasah. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yang digunakan untuk mengkaji profil madrasah beserta deskripi dari kelima faktor yang mepengaruhinya. Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research), yakni sebuah penelitian yang dilakukan dengan cara yang sistematis dengan menyampaikan data yang ada di lapangan. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yakni pendeskripsian, analisa, dan penyajian data atau fakta secara akurat dan sistematik dari dari hasil penelitan yang diperoleh secara detail, sehingga dapat dengan mudah dipahami dan disimpulkan. Sedangkan Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif, yakni mengungkapkan suatu fenomena melalui penjabaran secara non-numerik dalam konteks paradigma ilmiah. Ada tiga macam teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis, yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ketika penelitian telah dilaksanakan, diketahui bahwa program khusus tahfiz tersebut menggunakan 4 jenis metode menghafal, yakni metode wahdah, talaqqi, takrir, dan musyafahah. Program ini memiliki kurikulum yang mengklasifikasi para siswa dengan membaginya menjadi 4 tingkatan/kelas, yakni tamhid, i’dad, tahfiz, dan itqan. Kualifikasi seorang guru tahfiz mereka adalah kualitas dan kuantitas hafalan mereka, standar kompetensi, profesionalitas mereka sebagai guru tahfiz. Adapun sanad, bukan menjadi syarat kualifikasi utamanya. Tetapi dianggap istimewa jika seorang guru tahfiz memilikinya. Al-Irsyad diketahui memberi pengaruh lebih banyak dalam pendanaan. Selain itu, pelatihan dan pembekalan kepada guru tahfiz juga diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:30
Last Modified: 16 Mar 2023 03:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22343

Actions (login required)

View Item View Item